skip to main content

Analisis Hull Strength Kapal Ikan 5 GT Bahan Fiberglass Menggunakan Metode Elemen Hingga

*Siska Dearni Ajijah Purba  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Imam Pujo Mulyatno scopus  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ahmad Firdhaus orcid scopus  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Hull Strength pada kapal ikan 5 GT bahan fiberglass yang memiliki laminasi CSM 300, CSM 450, dan WR 800 menurut BKI memiliki tegangan ijin bahan 9,80E+07 N/m2 dan modulus elastisitas 72,3 GPa. Analisis penelitian ini berfokus pada perhitungan kondisi torsional, sagging dan hogging kapal dengan kondisi gelombang trochoid tertinggi h = 0,55 m. Perhitungan menggunakan simulasi numerikal  Metode Elemen Hingga untuk mengidentifikasi area kritis yang rentan terhadap tekanan tinggi pada lambung kapal. Dari hasil perhitungan Analisa menggunakan Metode Elemen Hingga, menunjukkan bahwa pada kondisi torsional kapal mengalami tegangan maksimal sebesar 1,75E+07 N/m2 yang lokasinya berada dibagian depan dan belakang, kemudian pada kondisi sagging kapal mengalami tegangan maksimal sebesar 2,34E+07 N/m2 yang lokasinya berada di midship kapal, dan pada kondisi hogging kapal mengalami tegangan maksimal sebesar 2,32E+07 N/m2 yang terjadi pada ruang palka ikan 1. Melalui perhitungan factor of safety, didapat nilai tegangan maksimum yang berada dibawah tegangan ijin dan tegangan bahan yang telah ditetapkan oleh BKI, kemudian didapat pula validasi model sebesar dengan persentase validitas sebesar 94,27 %. 

Fulltext View|Download
Keywords: Analisis Hull Strength; sagging; hogging; tegangan torsional; FRP
  1. Alamsyah, R. J. Ikhwani, T. Hidayat, and Suardi, “ Kekuatan Fiberglass Reinforced Plastic (FRP) Sebagai Bahan Gading Kapal Kayu” Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim, vol. 15, no. 1, hal. 3, 2021
  2. S. Ardhy, M. E. Putra, and Islahuddin, “Pembuatan Kapal Nelayan Fiberglass Kota Padang Dengan Metode Hand Lay Up,” J. Rang Teknik, vol. 2, no. 1, 2019
  3. T. Mairuhu, “Kekuatan Struktur Konstruksi Kapal Akibat Penambahan Panjang,” J Teknol, vol. 8, no. 1, pp. 835–843, 2011
  4. Mubarak, A. A., Sitepu, G and Alie, M. Z. M. “Kekuatan Batas Lambung Kapal dalam Menahan Momen Lentur Vertikal” Jurnal Penelitian Enjiniring, Vol. 22(1):56-61, 2018
  5. M. Nurazim, A. F. Zakki, and B. Arswendo, "Studi Perancangan Sistem Konstruksi dan Analisa Kekuatan Fish Processing Vessel dengan Bentuk Lambung Catamaran pada Perairan Indonesia," J. Tek. Perkapalan, vol. 9, no. 1, 2021
  6. Sunaryo, G. Prayogo, S. L. Maharani and G.L. Putra, “Analisis Kekuatan Lambung Kapal Bermaterial Komposit yang Dibuat Menggunakan Metode VARTM,” Proceeding Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin XII, 2019
  7. A. Z. Syahrial, and N. Huda, “Studi Pengaruh Orientasi Serat Komposit FRP Terhadap Kekuatan Lambung Kapal Menggunakan Metode Elemen Hingga,” Seminar Nasional Cendikiawan Ke-4, 2018
  8. M. S. Akbar, “Analisis Kekuatan Struktur Lambung Kapal Terhadap Beban Tekan Hidrodinamis: Studi Kasus Kapal Kontainer 600 TEUs,” Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, 2021
  9. Biro Klasifikasi Indonesia, “Rules For Classification And Construction Part 3 Special Ships, Vol. 5 Rules For Fibreglass Reinforced Plastic Ships 2021 Edition”. Jakarta : BKI, 2021
  10. Biro Klasifikasi Indonesia, “Guidance for Classification And Construction Part 3 Special Ships Vol. B Guidance for Certification of FRP Fishing Vessel Less Than 12 m 2020 Edition”. Jakarta : BKI, 2020
  11. Popov, E.P. 1978. Mekanika Teknik, 2nd edition, New Jersey: Prentice-Hall

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.