skip to main content

Perancangan Kapal Tanker 30000 DWT Untuk Rute Pelayaran Surabaya - Singapura

*Farand Maretreliano  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Imam Pujio Mulyatno  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Untung Budiarto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Dibutuhkan pengangkutan muatan curah melalui transportasi laut sebagai konektivitas antar pulau dan juga mendorong pertumbuhan perekonomian global. Kapal Tanker yang akan dirancang untuk menunjang proses distribusi muatan dari Surabaya – Singapura akan memperhitungkan ukuran utama, rencana garis, rencana umum, analisa hambatan kapal, stabilitas kapal dan hidrostatis kapal. Metode perancangan kapal Tanker tersebut memerlukan kapal pembanding sebagai acuannya. Tujuan penelitian tersebut ialah untuk merancang kapal Tanker yang dimana perancangan tersebut memudahkan dalam pengiriman pada muatan barang melalui jalur laut dan data yang didapatkan sesuai dalam kriteria di perairan wilayah Surabaya – Singapura. Pada perancangan kapal ini perancang menggunakan metode perbandingan untuk mendapatkan ukuran utama kapal, menggunakan aplikasi Maxsurf sebagai pemodelan dan sebagai analisa karakteristik dari kapal tersebut. Ukuran utama kapal didapatkan yaitu Lpp = 171.89 m, B = 29.74 m, H = 17,10 m, T = 10.74 m, Vs = 13,09 knot, dengan DWT 30000 ton dan Cb = 0,78

Fulltext View|Download
Keywords: Kapal Tanker, 30000 DWT, Rencana Umum, Stabilitas Kapal, Hambatan Kapal
  1. Santosa, I Gusti Made, 1999, Diktat Kuliah Perencanaan Kapal. Its Surabaya
  2. Surjana I Gede Pasek, 2004, “Sistem Angkutan Tanker,”
  3. Nainggolan, S. Rikardo, “Perancangan Kapal Tanker 120 Teu Untuk Rute Pelayaran Tanjung Mas - Tanjung Pinang,” Kapal, Vol. 5, No. 4, Pp. 1 - 2, 2017
  4. Kamilia, A. (2018). Pembangunan Model Prediksi Tanker Throughput Volume Dengan Mempertimbangkan Indikator Ekonomi Menggunakan Artificial Neural Network (Studi Kasus: Terminal Petikemas Semarang, Indonesia)
  5. Hutapea, T. (2019). Analisis Kinerja Dan Produktivitas Bongkar Muat Peti Kemas Pada Pt. Pelabuhan Indonesia I Cabang Belawan
  6. Pratama, Y. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Pengurusan Transportasi (Jpt) Pt. Pelabuhan Wapnor Biak (Doctoral Dissertation, Iisip Yapis Biak)
  7. Maulidi, R., & Suryani, E. (2015). Perencanaan Kapasitas Terminal General Liquid Dengan Pendekatan Sistem Dinamik. Sisfo, 5
  8. Napitupulu, B. S. (2022). Analisa Yuridis Pemalsuan Dokumen Pada Kegiatan Ekspor Barang Kategori Dangerous Goods (Studi Kasus Putusan Perkara Tingkat Kasasi No. 294 K/Pid. Sus/2018) (Doctoral Dissertation, Universitas Bhayangkara Surabaya)
  9. Wignar, D. (2021). Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Lama Waktu Tunggu (Dwelling Time) Bongkar Muat Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya (Studi Pada Pt. Pelabuhan Indonesia Iii Persero Surabaya). Skripsi
  10. Supriyono, S. (2010). Analisis Kinerja Terminal Petikemas Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya (Studi Kasus Di Pt. Terminal Petikemas Surabaya) (Doctoral Dissertation, Universitas Diponegoro)
  11. Yulianto, A., Purnaningratri, I., & Purwaningsih, I. (2021). Efektivitas Penerapan Port Waste Management System Pada Inaportnet Terhadap Pelaporan Data Limbah Di Atas Kapal Di Pelabuhan Tanjung Priok. Journal Marine Inside, 1-13
  12. Tegela, S., Lumumba, P., & Noor, S. M. (2011). Suatu Analisis Tentang China-India (Chindia) Sebagai Negara Maju Di Kawasan Asia (Doctoral Dissertation)
  13. Pedrason, R. P. R. (2021). Belt And Road Initiative Peluang Dan Tantangan. Jakad Media Publishing
  14. Djamaluddin, A. (2023). Perencanaan Pelabuhan Dan Terminal Petikemas. Nas Media Pustaka
  15. Gaidai, O. , Sheng, J. , Cao, Y. (2024) Urban, Planning And Transport Research
  16. Karso, A. J. (2021). Implementasi Kebijakan Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Sebagai Kepala Pemerintahan Di Pelabuhan Guna Meningkatkan Kinerja Pelayanan Publik Secara Profesional Dan Akuntabel Dalam Rangka Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Lingkungan Kepelabuhanan. Penerbit Insania
  17. Hakim, L. (2016). Penentuan Rute Pelayaran Terbaik Untuk Mendukung Program Tol Laut NKRI (Studi Kasus: Rute Pelayaran Pelabuhan Belawan Menuju Pelabuhan Tanjung Priok). Jurnal Geografi Gea, 16(2), 160-168
  18. Lewis, Edward V, (1989), “Motion In Waves and Controllability”, Principles of Naval Architecture Volume III Second Revision, The Society of Naval Architects and Marine Engineers, USA

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.