slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Reschedule Reparasi Lambung Pada Kapal TB. Pancaran 811 dan BG. Alika 101 Dengan Shop Level Planning and Schedulling Berbasis CPM | Fatimah | Jurnal Teknik Perkapalan skip to main content

Reschedule Reparasi Lambung Pada Kapal TB. Pancaran 811 dan BG. Alika 101 Dengan Shop Level Planning and Schedulling Berbasis CPM

*Mira Fatimah  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Imam Pujo Mulyatno  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Deddy Chrismianto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Perawatan kapal merupakan suatu upaya yang dilaksanakan guna menjaga daya tahan dan produktivitas pada kapal. Pada proyek perbaikan kapal seringkali terjadi keterlambatan pelaksanaan pekerjaan, sehingga diperlukan adanya upaya penjadwalan supaya kegiatan tersebut selesai tepat waktu. Untuk mengantisipasi terjadinya keterlambatan proyek reparasi TB. Pancaran 811 dan BG. Alika 101 diterapka metode Shop Level Planning and Schedulling dan Critical Path Method. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jalur kritis pada suatu aktivitas pekerjaan, membuat network diagram, menghitung percepatan durasi pekerjaan dengan penambahan jam kerja dan penambahan tenaga kerja, menghitung nilai produktivitas pada bengkel. Hasil pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya 21 lintasan kritis pada network diagram sehingga terdapat kemajuan durasi dari jadwal awal. Setelah adanya upaya crashing dengan penambahan jam kerja didapatkan percepatan waktu 3 hari dari 33 hari menjadi 30 hari atau 9,09%. Sedangkan dengan alternatif penambahan jumlah tenaga kerja menghasilkan percepatan waktu 4 hari dari 33 hari menjadi 29 hari atau 12,12%. Hasil perhitungan nilai produktivitas bengkel yaitu : sandblasting 91,57 m2/mandays, painting 36,40 m2/mandays, outfitting dan fabrikasi disesuaikan berdasarkan tingkat kesulitan dan spesifikasi pekerjaan, pipa 1,93 meter/mandays. Jadi berdasarkan penelitian ini alternatif penambahan tenaga kerja lebih efektif dan efisien untuk percepatan durasi proyek.
Fulltext View|Download
Keywords: Reparasi Kapal; Shop Level Planning; Critical Path Method; Percepatan Durasi; Produktivitas
  1. Y. T. Andhani, I. P. Mulyatno, and A. W. B. Santosa, “Reschedule Reparasi Kapal KN. KUMBA 470 DWT Dengan Critical Path Method Di Galangan Semarang,” J. Tek. Perkapalan, vol. 8, no. 3, pp. 231–238, 2020
  2. B. Saputra, I. P. Mulyatno, and W. Amiruddin, “Studi Perancangan Galangan Kapal Untuk Pembangunan Kapal Baru Dan Perbaikan Di Area Pelabuhan Pekalongan,” J. Tek. Perkapalan, vol. 5, no. 2, pp. 353–366, 2017
  3. L. K. Padaga, I. Rochani, and Y. Mulyadi, “Penjadwalan Berdasarkan Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Proyek Reparasi Kapal: Studi Kasus MV. Blossom,” Teknol. Kelautan, Inst. Teknol. Sepuluh Nop., vol. 7, no. 1, 2018
  4. H. A. Rani, Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta: Deepubish, 2016
  5. S. Badri, Dasar-Dasar Network Planning. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1991
  6. I. Soeharto, Manajemen Proyak, 2nd ed. Jakarta: Erlangga, 1999
  7. A. A. Rahmi, I. P. Mulyatno, and U. Budiarto, “Optimalisasi Repair Schedule SPOB. Prosper Three 3537 DWT Dengan Critical Path Method Guna Antisipasi Keterlambatan Proyek,” J. Tek. Perkapalan, vol. 8, no. 2, pp. 214–221, 2020
  8. Alamsyah, R. S. Ismail, and T. Hidayat, “Analisa Perhitungan Pekerjaan Reparasi Kapal Dengan Metode Critical Path Method (CPM),” SPECTA J. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 84–91, 2020
  9. G. Regatama, W. Amiruddin, and I. P. Mulyatno, “Analisa Network Planning Reparasi Kapal SPB TITAN 70 Dengan Metode Critical Path Method,” J. Tek. Perkapalan, vol. 7, no. 4, pp. 152–160, 2019
  10. S. W. Sriningsih and U. Wiwi, “Analisa Network Planning Reparasi KM Berlin Nakroma dengan Metode Cpm Untuk Mengantisipasi Keterlambatan Penyelesaian Reparasi Kapal di PT . Dok dan Perkapalan Surabaya,” J. Tek. Mesin, vol. 4, no. 2, pp. 155–160, 2016
  11. S. Anggriawan and Iskandar, “Analisa Network Planning Reparasi KM TONASA LINE VIII Dengan Metode CPM Untuk Mengantisipasi Keterlambatan Penyelesaian Reparasi,” J. Tek. Mesin, vol. 03, no. 03, 2015

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.