skip to main content

Perancangan Kapal Pariwisata Pada Kawasan Danau Toba Dengan Bentuk Lambung Monohull Berbahan Unplastizied Poly Vinyl Chloride (uPVC)

*Harry Immanuel Pangaribuan  -  Department of Naval Architecture, Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki  -  Department of Naval Architecture, Indonesia
Ari Wibawa Budi Santosa  -  Department of Naval Architecture, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Perkembangan pariwisata yang terjadi di Danau Toba meningkatkan perkembangan transportasi perairan Di Danau Toba, sebagian besar lambung kapal berbahan kayu. Untuk menambah keanekaragaman kapal pariwisata, pembuatan jenis kapal baru dengan  lambung monohull berbahan uPVC. Kelebihan dari penggunaan pipa PVC yaitu bernilai lebih ekonomis serta lebih menguntungkan untuk diinvestasikan dari segi IRRnya. Pemilihan bahan uPVC pada penelitian ini karena lebih elastis, tidak mudah rusak, lebih kuat dan keras jika dibandingkan dengan pipa PVC, serta uPVC berbentuk lembaran sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang kapal pariwisata dengan bentuk lambung monohull berbahan uPVC, dan menjadikan material uPVC sebagai alternatif dalam pembuatan kapal. Penelitian ini menemukan bahwa kapal monohull berbahan uPVC yang dirancang memiliki ukuran uatama kapal LPP 14,79 m, tinggi 2,00 m, lebar 4,5 m, sarat 0,7 m, CB 0,6, dengan kapasitas penumpang maksimal 40 orang. Analisis tegangan struktural kapal menggunakan software FEM didapatkan 3,393 MPa pada kondisi air tenang, 2,129 MPa pada saat kondisi sangging, 3,422 MPa pada kondisi hogging. Hasil nilai tegangan kapal ini masih berada dibawah nilai tegangan izin uPVC yaitu sebesar 3,45 MPa, sehingga dianggap aman untuk beroperasi pada kawasan Danau Toba.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  common.other
Perancangan Kapal Pariwisata Pada Kawasan Danau Toba Dengan Bentuk Lambung Monohull Berbahan Unplastizied Poly Vinyl Chloride (uPVC)
Subject
Type Other
  Download (2MB)    Indexing metadata

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.