skip to main content

Analisis Dan Simulasi Kerusakan Haluan Kapal MT. Kuang 6500 DWT Akibat Tubrukan Dengan Dermaga Wharf Menggunakan Metode Element Hingga

*Faiq Fachri Assaify  -  Departmen Teknik Perkapalan,Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Jl. Prof.Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki  -  Departmen Teknik Perkapalan,Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Jl. Prof.Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Hartono Yudo  -  Departmen Teknik Perkapalan,Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Jl. Prof.Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Tubrukan merupakan pertemuan antara dua benda dalam sesuatu peristiwa,dimana dalam tubrukan kapal dapat menimbulkan terbentuknya deformasi sampai robeknya lambung kapal. Penelitian tubrukan lambung MT. KUANG 6500 DWT dengan wharf menggunakan metode elemen hingga dengan software Abaqus 6.14. Penelitian ini menggunakan 3 variasi sudut dan 3 variasi kecepatan. Nilai ketebalan pelat yang digunakan yaitu 10 mm, dengan variasi kecepatan 10 knot, 5 knot dan 2 knot sedangkan variasi sudut 30, 60, dan 90. Besar energi kinetik yang dihasilkan dalam masing-masing kecepatan secara berturut - turut 1.2791×E8 J, 3.1979×E7 J ,dan 5.1167×E6 J sedangkan hasil Analisa unutuk nilai von misses maksimum pada kecepatan 10 knot adalah 3.96×E8 J,3.65×E8 J, dan 3.43×E8 J sedangkan pada kecepatan 5 knot  3,36×E8 J, 3,28×E8 J dan 3,27×E8 J dan pada kecepatan 2 knot 3,21×E8 J, 3,14×E8 J, dan 3,10×E8 J. Hasil analisa menunjukkan kerusakan pada badan kapal akan bertambah dengan bertambahnya kecepatan dan arah sudut 90 menjadi sudut termaksimal.Sehingga dengan ditambahkannya kecepatan dan keadaan tubrukan kearah sudut 90 akan semakin memberikan kerusakan pada badan kapal saat tubrukan.

Fulltext View|Download
Keywords: Crushing force; Von misses; Abaqus 6.14
  1. Abubakar , A and R.S. Dow.2019."The Impact Analysis Characteristics of a Ship's Bow during Collusion." Engineering Failur Analysis 100(February):492-511
  2. Bambang Triatmodjo, Nizam. 2001. “Studi Perencanaan Pelabuhan Glagah Di Pantai Selatan Daerah Istimewa Yogyakarta.” Forum Teknik 25(2001)
  3. Chang, Wen Ruey. 1997. “An ElasticPlastic Contact Model For A Rough Surface With An Ion-Plated Soft Metallic Coating.” Wear 212(2):229–37
  4. Ekhvan Hendra. 1999. “Analisa Modifikasi Struktur Boatlanding Pada Fixed Offshore Platform Akibat Tubrukan Crewboat.”1–7
  5. Fikri, Muhammad Habib Chusnul. 2015. “Penilaian Risiko Tubrukan Kapal Dengan Platform: Studi Kasus Pembangunan Platform Baru Teluk Bintuni Papua Barat.”
  6. Rao, Singiresu S. 2010. The Finite Element Method In Engineering: Fifth Edition
  7. Sabtian Halawa, Auguslin &. Johannes Tarigan. 2013. “Analisa P Collapse Pada Gable Frame Dengan Inersia Yang Berbeda Menggunakan Plastisitas Pengembangan Dari Finite Element Method.” Jurnal Teknik Sipil USU 2.1
  8. Suranto, Purwo Joko. 2016. “Studi Hambatan Dan Kecepatan Kapal Tipe Lambung Series 60 Ditinjau Dari Tiga Bentuk Haluan Kapal.” 12:225–30

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.