skip to main content

Studi Perancangan Kapal Penyedot Lumpur Sebagai Upaya Mengatasi Pendangkalan Sungai Barito di Kalimantan Selatan

*nur khakiki  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Deddy Chrismianto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ari Wibawa Budi Santosa  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Sungai barito adalah salah satu sungai terpanjang dan terbesar yang ada di dikalimantan. Aliran sungai barito membentang dari provinsi Kalimantan tengah hingga Kalimantan selatan.Sungai ini dimanfaatka untuk banyak keperluan seperti transportasi air, perdagangan, pariwisata, serta jalur pengangkutan hasil tambang. Sejalan dengan pemanfaatan sungai barito,perlu diperhatikan juga masalah–masalah yang sekiranya timbul berkaitan dengan sedimentasi atau pendangkalan sungai yang dapat menganggu aktivitas sungai barito. Tujuan dari penelitian ini ialah merancang kapal suction dredger sebagai upaya mengatasi masalah yang ada di sungai barito. Kapal keruk ini sangat cocok digunakan untuk pemeliharaan alur pelayaran, serta dapat digunakan di tempat-tempat sempit dan sulit seperti rawa-rawa, sungai dll. Metode yang digunakan dalam perancangan kapal suction dredger ini menggunakan metode parent design approach yang disesuaikan dengan karakteristik sungai barito. Dari perhitungan yang telah dilakukan di dapatkan dimensi kapal yaitu panjang LPP 19,5, lebar 5,66 m, sarat 0,9 m dan cb 0,8.  Sedangkan untuk pembuatan 3D modeling kapal ini dibantu menggunakan software, hasil  analisa stabilitas kapal suction dredger ini berdasarkan kreteria IMO dan telah memenuhi kreteria tersebut.

Fulltext View|Download
Keywords: sungai barito;suction dredger; penyedotan;Analisa stabilitas
  1. Susilowati, Endang, "Peranan Jaringan Sungai Sebagai Jalur Perdagangan Di Kali-mantan Selatan Pada Paroh Kedua Abad XIX," Jurnal Sejarah Citra Lekha, vol. 17, no.1, pp 1-8, 2011
  2. Novico, Franto, and Egon, Andi, "Morfo-dinamika Jangka Pendek Pendangkalan di alur Pelayaran Barito Kalimantan Selatan," jurnal geologi kelautan, vol. 15, no. 2, pp 107-122, 2017
  3. Sindu, Putu A, dan Yudo, Hartono, "Desain Kapal Keruk Perairan Dangkal Menggunakan Bucket Elevator," jurnal teknik perkapalan, vol. 16, no. 3, pp 81-90, 2019
  4. Herijono, Boedi, dan Prayitno, Eko M. M. "Perancangan Dredger Ship untuk Normali-sasi Hilir Sungai Kalimas," Seminar Master, PPNS, 2017
  5. Sulistianingtyas, Alamanda, amiruddin, Wilma dan Manik, Parlindungan, "Analisa Pengaruh Perubahan Bentuk Lambung Mono-hull Menjadi Catamaran Terhadap Stabilitas Kapal," Jurnal teknik perkapalan, vol. 7, no. 2, pp 99-106, 2019
  6. W. J. Vlasblom, "plan suction dredger," Leacture Note, T.U. Delft, 2003
  7. Maratua, Novrialdo, saputra, Hendra, and Giat, Lalu J. P, "Perancangan Spud pada Dredger Barge 25 Meter," Jurnal Teknologi dan Riset Terapan, vol. 2, no. 2, pp 70-79, 2020
  8. Hariyono, Rizky, F, dan Made I. A, "Perancangan Pompa Slurry Sentrifugal pada Unit Cement Mixer yang Mendukung Operasi Kerja Ulang Sumur dengan Kapasitas 3,5 BPM dan Head 30 Feet (Studi Kasus di PT. Energi Mega Persada Tbk)," Jurnal Teknik POMITS, vol. 2, no. 1, pp 37-40, 2013
  9. Prasetyo, Andri H, Santoso, Agus, dan Bambang, Tony M," Perancangan Sistem Permesinan dan Sistem Penggerak pada Auger Cutter Suction Dredger (ACSD) sebagai Metode Pengerukan di Waduk," Jurnal Teknik POMITS, vol. 3, no. 1, pp 85-88, 2014
  10. International Maritime Organization, "Intact Stability Code (IS Code)," 2008

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.