Analisa Nilai Thrust Optimum Propeller Pada Kapal Tugboat Pelabuhan Paket-II 2x1850HP Dengan Variasi Diameter Propeller, Jumlah Daun Propeller & Kecepatan Putaran Propeller(RPM).

*Rino Natalia Situmorang  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Parlindungan Manik  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ari Wibawa Budi Santoso  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 10 Nov 2020; Published: 21 Dec 2020.
Open Access
Citation Format:
Abstract

Kemampuan mempertahankan kecepatan dinas(Vs) harus dimiliki setiap kapal dalam arti bahwa sistem propulsi kapal haruslah baik. Propeller(sistem penggerak) adalah salah satu satu komponendari sistem propulsi, dimana pemilihan propeller yang efektif sangat mempengaruhi gaya dorong (thrust) yang akan dihasilkan kapal tersebut. Kecepatan kapal diperoleh dari desain propeller yang baik agar mendapatkan gaya dorong(thrust) optimal yang dihasilkan gerak propeller. Tujuan dari penelitian untuk mencari model propeller dengan nilai efisiensi tertinggi pada eksisting rpm dengan variasi diameter dan jumlah blade propeller dan mencari kecepatan putaran propaller(rpm) yang terbaik pada eksisting model propaller. Penelitian ini dilakukan dengan menghitung nilai thrust, torque dan efisiensi propeller secara manual menggunakan grafik KT, KQ, and Efficiency for the Wageningen B-Series Propellers. Setelah penelitian ini selesai dilaksanakan, didapat hasil bahwa untuk eksisting kecepatan putaran propaller(rpm) nilai efisiensi tertinggi dihasilkan oleh model dengan variasi jumlah blade 4 dan diameter propeller 2,1 m dengan nilai 58,56% sementara untuk kecepatan putaran propaller(rpm) yang terbaik pada eksisting model propaller adalah 200 RPM dengan nilai efisiensi 67,06%

 

Article Metrics: