skip to main content

Perancangan Propeller dan Engine Propeller Matching pada Kapal Self Propelled Oil Barge (SPOB) 5000 DWT

*Samuel Pardomuan Sitorus  -  Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Untung Budiarto  -  Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
K Kiryanto scopus  -  Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Self Propelled Oil Barge (SPOB) adalah jenis kapal dengan lambung datar (barge) serta memiliki tangki dan mesin sehingga tidak perlu ditarik dengan  tug boat. Kapal harus memiliki sistem penggerak yang sesuai dengan bentuk lambung kapal, sehingga kinerja sistem propulsi menjadi optimal. Pada penelitian ini dilakukan penentuan dua buah reduction gear dan membandingkan efisiensi dua buah reduction gear, lalu dilakukan perancangan spesifikasi propeller, menentukan syarat batas ambang propeller sesuai dengan aturan BKI Klas Tahun 2016, dan menghitung besaran nilai kavitasi propeller yang akan diaplikasikan pada kapal Self Propelled Oil Barge(SPOB) 5000 DWT. Propeller yang digunakan dalam penelitian ini adalah propeller B-Series yang terdiri dari B4-55, B4-70, B4-85, dan B4-100. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan analisa Engine Propeller Matching yang sesuai dengan kapal Self Propelled Oil Barge (SPOB) 5000 DWT yang berguna untuk mendukung kinerja sistem propulsi kapal pada saat berlayar. SPOB ini diharapkan menjadi inovasi solusi yang tepat dalam hal sarana transportasi minyak sawit atau crude palm oil (CPO) di perairan lokal maupun internasional. Demi mendukung hal tersebut dilakukan perencanaan sistem propulsi atau penggerak kapal yang berdasarkan dari perhitungan tahanan kapal, mesin kapal, hingga penentuan propeller yang akan diaplikasikan pada kapal. Dari hasil perhitungan didapatkan spesifikasi motor penggerak rekomendasi kapal SPOB 5000 DWT yaitu Yanmar type 12AYM-WET dengan besar daya 1140 kW (1550 HP)/1840 rpm dan spesifikasi propeller yang berdiameter 2,2 m dengan Ae/Ao = 0,7; P/D = 0,67 dan memiliki 4 jumlah daun serta berjenis fixed pitch propeller. Grafik matching point kapal dapat disimpulkan bahwa daya mesin utama kapal dapat menggerakan propeller untuk menempuh kecepatan kapal dengan presentase 90 % rated power dan 90% rated speed.

Fulltext View|Download
Keywords: Engine Propeller Matching; Self Propelled Oil Barge (SPOB); Hambatan; Propulsi Kapal; CFD
  1. Indonesia-Investments, “Bisnis Minyak Kelapa Sawit,” 2017. https://www.indonesia-investments.com/id/bisnis/komoditas/minyak-sawit/item166?
  2. and M. A. R. U. Budiarto, “Engine Matching Propeller pada Kapal MT. Nusantara Shipping Line IV Akibat Pergantian Sistem Propulsi,” Kapal J. Ilmu Pengetah. dan Teknol. Kelaut., vol. 8, no. 1, pp. 24–28, 2012, doi: 10.12777/kpl.8.1.24-28
  3. dan K. A. Paska, E. S. Hadi, “Analisa Engine Propeller Matching Pada Kapal Perintis Baru Type 200 DWT Untuk Medapatkan Sistem Propulsi Yang Optimal,” Kapal J. Ilmu Pengetah. dan Teknol. Kelaut., vol. 4, no. 3, pp. 576–585, 2016
  4. E. V. Lewis, Principles of Naval Architecture Second Revision Volume II Resistance, Propulsion, and Vibration, vol. II. Jersey City, 1988
  5. S. W. Adji, “Engine Propeller Matching,” Available Oc. Its. Ac. Id/Ambilfile. Php, pp. 1–31, 2005
  6. I. K. A. P. U. Samuel, M. Iqbal, “An Investigation Into The Resistance Components Of Converting A Traditional Monohull Fishing Vessel Into Catamaran Form,” Int. J. Technol., vol. 6, no. 3, pp. 432–441, 2015, [Online]. Available: http://ijtech.eng.ui.ac.id/old/index.php/journal/article/view/940
  7. A. Munazid and B. Suwasono, “Pengembangan Foil Naca Seri 2412 Sebagai Sistem Penyelaman Model Kapal Selam,” Kapal J. Ilmu Pengetah. dan Teknol. Kelaut., vol. 12, no. 2, pp. 88–96, 2015
  8. M. I. Y. Nohan, U. Budiarto, “Estimasi Hambatan Total Kapal Tanker KVLCC2M Dengan Menggunakan CFD,” Kapal J. Ilmu Pengetah. dan Teknol. Kelaut., vol. 3, no. 4, pp. 428–438, 2015
  9. and B. A. A. A. Wijaya, U. Budiarto, “Analisa Engine Propeller Matching Pada Kapal Perintis 500 DWT,” Kapal J. Ilmu Pengetah. dan Teknol. Kelaut., vol. 6, no. 4, 2018, [Online]. Available: ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/21536
  10. S. A. Harvald, Resistance and Propulsion of Ships. Toronto: Wiley, 1983
  11. M. G. Parsons, Ship Design and Construction. 2001
  12. G. H. Putra, “Perancangan Desain Propeller dan Sistem Perporosan Kapal Kontainer,” Kapal J. Ilmu Pengetah. dan Teknol. Kelaut., p. 135, 2018
  13. P. Manik, Buku Ajar Propulsi Kapal. Semarang, 2008

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.