Studi Penjadwalan Ulang Pekerjaan Reparasi Pada Kapal MT. Asumi XXVI Dengan Network Planning Dan Critical Path Method
Received: 15 Apr 2020;
Published: 6 Jul 2020.

Citation Format:
Abstract
Proyek reparasi kapal pada galangan-galangan sering kali terlaksana tidak sesuai dengan jadwal yang telah dibuat dan ditetapkan saat kontrak. Metode network planning atau metode jaringan kerja merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mencapai penjadwalan yang tepat pada proyek reparasi kapal, dengan metode ini dan juga dibantu oleh Software Microsoft Project untuk menyelesaikan penelitian pada proyek reparasi kapal MT. Asumi XXVI di PT. Janata Marina Indah bertujuan untuk mendapatkan network diagram, jalur kritis (Critical Path), perhitungan sumber daya, dan juga pengalokasian sumber daya. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan network diagram yang memiliki 19 jalur kritis dengan 40 tenaga kerja dapat dilaksanakan selama 21 hari. Setelah dilakukan crashing proyek reparasi kapal tersebut durasi pekerjaan keseluruhan menjadi 16 hari dengan perkiraan penambahan tenaga kerja yang sebelumnya 40 orang menjadi 59 orang tenaga kerja dan jalur kritis tetap 19 pekerjaan. Selain itu dihasilkan produktifitas awal pada pekerjaan yang durasinya 21 hari sebelum crashing sebesar Rp. 3.266/kg dan setelah dilakukan crashing pekerjaan menjadi 17 hari dengan produktifitas sebesar Rp. 4.034/kg. Sebab dari penambahan pekerja pada proyek reparasi kapal MT. Asumi XXVI menjadikan terjadinya penambahan biaya pekerja yang sebelumnya pada durasi 21 hari biaya pekerja keseluruhan Rp. 88.200.000 menjadi Rp. 108.920.000 untuk pekerjaan keseluruhan yang berdurasi 17 hari.
Article Metrics:
Related articles
PERANCANGAN KAPAL CONTAINER 9000 DWT RUTE SURABAYA – BANJARMASIN
Reschedule Reparasi Kapal KN.KUMBA 470 DWT Dengan Critical Path Method Di Galangan Semarang
Studi Perancangan Kapal Ikan Katamaran Dengan Alat Tangkap Purse Seine dan Longline Pengganti Cantrang, Untuk Perairan Utara Jawa Tengah
Perancangan Propeller dan Engine Propeller Matching pada Kapal Self Propelled Oil Barge (SPOB) 5000 DWT
ANALISA STABILITAS DAN OLAH GERAK PADA KM. YELLOW FIN SETELAH PENAMBAHAN KAPAL PANCING
Studi Perancangan Sistem Konstruksi dan Analisa Kekuatan Fish Processing Vessel dengan Bentuk Lambung Catamaran pada Perairan Indonesia