Perancangan Propeller Kapal Selam Komersial Tipe B series X-80 Dengan Variasi Sudut Skew Dan Jumlah Daun Untuk Mengoptimalkan Nilai Thurst

Received: 14 Apr 2020; Published: 2 Jul 2020.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Kapal selam sebagai mode transportasi yang bergerak didalam permukaan laut memiliki desain yang sangat komplek dan terstruktur , dengan mengutamakan kecepatan ketika bergerak didalam permukaan laut maka dibutuhkan perancangan baling-baling yang bisa menghasilkan daya dorong yang optimal . Telah banyak peneliti telah menganalisa perancangan baling-baling tipe b series dengan berbagai variasi untuk mencari nilai daya dorong yang optimal dari baling-baling tersebut . Pada penelitian kali ini akan mengkaji tentang baling-baling kapal tipe b-series X-80 dengan variasi suduh skew 10, 15, 20 derajat dan jumlah daun 7, 9, 11  guna melihat dari segi desain baling-baling terhadap lambung kapal untuk melihat nilai dari daya dorong yang optimal . Penelitian ini memakai software berbasis CFD untuk menganalisa daya dorong dari baling-baling tersebut . Dengan persamaan Reynold-Avaraged Navier Stokes Equation yang menunjukan hasil fluktuatif dari aliran turbulen pada material incompressible dengan property yang konstan . Dengan nilai Reynold number 2.51 * 108. Model simulasikan dengan aliran turbulence K-epsilon secara Steady-state . Hasil menunjukan baling-baling B780-20 memiliki nilai gaya dorong tertinggi yaitu 8751260 N dan baling-baling B1180-20 memiliki nilai torsi tertinggi dengan nilai 5798620 N.m sedangkan untuk nilai efisiensi tertinggi terjadi pada baling-baling B780-10 dengan nilai efisiensi sebesar 12,52 %.

Keywords: Baling-baling , B series X-80 , Thrust , Computational Fluid Dynamic, Kapal selam

Article Metrics:

  1. M. Renilson, Submarine hydrodynamics. Springer, 2015.
  2. V. Bertam, “Submarine Hull Design.” .
  3. H. Carlberg, “Concept design of a commercial submarine,” Norges teknisk-naturvitenskapelige universitet, Fakultet for~…, 2011.
  4. I. A. C. Abar, D. Chrismianto, and P. Manik, “ANALISA PERBANDINGAN PROPELLER KAPAL SELAM TIPE B-SERIES DAN AU-OUTLINE GAWN SERIES PADA KAPAL SELAM MIDGET TYPE 150M UNTUK MENGOPTIMALKAN KINERJA KAPAL SELAM DENGAN METODE CFD,” J. Tek. Perkapalan, vol. 3, no. 4, 2015.
  5. A. Kurniasari, “Analisis Ergonomi Pada Kapal Selam Mini,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2017.
  6. M. M. Barnitsas, D. Ray, and P. Kinley, “KT, KQ and efficiency curves for the wageningen b-series propellers,” 1981.
  7. I. Ansys, “ANSYS advanced analysis techniques guide,” Ansys Help, 2007.
  8. I. ICHWANSYAH, “Analisa Peningkatan Thrust Akibat Penerapan Energy Saving Device pada Kapal Perintis 500 DWT Menggunakan Metode CFD (COMPUTATION FLUID DYNAMIC),” J. Tek. Perkapalan, vol. 7, no. 3, 2019.
  9. J. Carlton, Marine propellers and propulsion. Butterworth-Heinemann, 2018.
  10. C. Kusuma and I. M. Ariana, “Studi Numerik Optimasi Propeller Kapal Selam 29 meter Dengan Menggunakan High Skew,” REM (Rekayasa Energi Manufaktur) J., vol. 2, no. 1, pp. 1–5, 2017.
  11. C. W. Dekanski, “Design and analysis of propeller blade geometry using the PDE method,” University of Leeds, 1993.
  12. K. B. Yeo, R. Sabatly, W. Y. Hau, and C. M. Ong, “Effects of Marine Propeller Performance and Parameters Using CFD Method,” J. Appl. Sci., vol. 14, no. 22, pp. 3083–3088, 2014.