slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Perancangan Propeller Kapal Selam Komersial Tipe B series X-80 Dengan Variasi Sudut Skew Dan Jumlah Daun Untuk Mengoptimalkan Nilai Thurst | Nuriman | Jurnal Teknik Perkapalan skip to main content

Perancangan Propeller Kapal Selam Komersial Tipe B series X-80 Dengan Variasi Sudut Skew Dan Jumlah Daun Untuk Mengoptimalkan Nilai Thurst


Citation Format:
Abstract

Kapal selam sebagai mode transportasi yang bergerak didalam permukaan laut memiliki desain yang sangat komplek dan terstruktur , dengan mengutamakan kecepatan ketika bergerak didalam permukaan laut maka dibutuhkan perancangan baling-baling yang bisa menghasilkan daya dorong yang optimal . Telah banyak peneliti telah menganalisa perancangan baling-baling tipe b series dengan berbagai variasi untuk mencari nilai daya dorong yang optimal dari baling-baling tersebut . Pada penelitian kali ini akan mengkaji tentang baling-baling kapal tipe b-series X-80 dengan variasi suduh skew 10, 15, 20 derajat dan jumlah daun 7, 9, 11  guna melihat dari segi desain baling-baling terhadap lambung kapal untuk melihat nilai dari daya dorong yang optimal . Penelitian ini memakai software berbasis CFD untuk menganalisa daya dorong dari baling-baling tersebut . Dengan persamaan Reynold-Avaraged Navier Stokes Equation yang menunjukan hasil fluktuatif dari aliran turbulen pada material incompressible dengan property yang konstan . Dengan nilai Reynold number 2.51 * 108. Model simulasikan dengan aliran turbulence K-epsilon secara Steady-state . Hasil menunjukan baling-baling B780-20 memiliki nilai gaya dorong tertinggi yaitu 8751260 N dan baling-baling B1180-20 memiliki nilai torsi tertinggi dengan nilai 5798620 N.m sedangkan untuk nilai efisiensi tertinggi terjadi pada baling-baling B780-10 dengan nilai efisiensi sebesar 12,52 %.

Fulltext View|Download
Keywords: Baling-baling , B series X-80 , Thrust , Computational Fluid Dynamic, Kapal selam
  1. M. Renilson, Submarine hydrodynamics. Springer, 2015
  2. V. Bertam, “Submarine Hull Design.”
  3. H. Carlberg, “Concept design of a commercial submarine,” Norges teknisk-naturvitenskapelige universitet, Fakultet for~…, 2011
  4. I. A. C. Abar, D. Chrismianto, and P. Manik, “ANALISA PERBANDINGAN PROPELLER KAPAL SELAM TIPE B-SERIES DAN AU-OUTLINE GAWN SERIES PADA KAPAL SELAM MIDGET TYPE 150M UNTUK MENGOPTIMALKAN KINERJA KAPAL SELAM DENGAN METODE CFD,” J. Tek. Perkapalan, vol. 3, no. 4, 2015
  5. A. Kurniasari, “Analisis Ergonomi Pada Kapal Selam Mini,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2017
  6. M. M. Barnitsas, D. Ray, and P. Kinley, “KT, KQ and efficiency curves for the wageningen b-series propellers,” 1981
  7. I. Ansys, “ANSYS advanced analysis techniques guide,” Ansys Help, 2007
  8. I. ICHWANSYAH, “Analisa Peningkatan Thrust Akibat Penerapan Energy Saving Device pada Kapal Perintis 500 DWT Menggunakan Metode CFD (COMPUTATION FLUID DYNAMIC),” J. Tek. Perkapalan, vol. 7, no. 3, 2019
  9. J. Carlton, Marine propellers and propulsion. Butterworth-Heinemann, 2018
  10. C. Kusuma and I. M. Ariana, “Studi Numerik Optimasi Propeller Kapal Selam 29 meter Dengan Menggunakan High Skew,” REM (Rekayasa Energi Manufaktur) J., vol. 2, no. 1, pp. 1–5, 2017
  11. C. W. Dekanski, “Design and analysis of propeller blade geometry using the PDE method,” University of Leeds, 1993
  12. K. B. Yeo, R. Sabatly, W. Y. Hau, and C. M. Ong, “Effects of Marine Propeller Performance and Parameters Using CFD Method,” J. Appl. Sci., vol. 14, no. 22, pp. 3083–3088, 2014

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.