Rekayasa Desain Bangunan Atas Kapal Katamaran Bermaterial Plastik HDPE dan Pengaruhnya Terhadap Performance Kapal

*M. Haris Fikri Sulthoni  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Wilma Amiruddin  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Hartono Yudo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Received: 23 Dec 2019; Published: 6 Feb 2020.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: EN
Statistics: 177 9
Abstract

Bangunan atas kapal adalah salah satu bagian yang umum ada pada struktur kapal dalam bentuk bangunan yang utuh. Hal ini juga dapat meningkatkan nilai jual ekonomis kapal. Rekayasa desain bangunan atas kapal akan berpengaruh terhadap karakteristik teknik kapal, antara lain hambatan dan stabilitas. Perbedaan bentuk bangunan atas kapal akan mengindikasikan perubahan besar pada hambatan kapal terutama pada hambatan angin, serta stabilitas yang berbeda sehinngga penulis ingin menganalisa performance kapal akibat efek perekayasaan desain bangunan atas kapal. Analisa dilakukan dengan pembuatan model rekayasa tiga desain, untuk melihat desain yang paling baik. Kemudian, analisa performance kapal diketahui dengan bantuan software Computational Fluid Dynamics (CFD) untuk analisa hambatan angin dan software system komputasi untuk analisa stabilitas kapal. Dari ketiga variasi desain bangunan atas kapal, nilai hambatan terendah terdapat pada model tiga dan mengalami kenaikan pada hambatan total kapal sebesar 0,045% dari hambatan sebelumnya dengan nilai sebesar 1,244 kN. Untuk nilai stabilitas paling baik didapatkan pada model 2 dan 3 dengan nilai GZ maksimal sebesar 1,279 m untuk kondisi kapal kosong dan pada kapal kondisi penuh didapatkan pada model 1 dengan nilai GZ maksimal sebesar 1,255m.

Keywords: Bangunan Atas Kapal, Hambatan Angin, Stabilitas, CFD

Article Metrics:

  1. . Makhrusyah, F., “Analisa Performa Perahu Katamaran Berkulit Plastik HDPE Produksi PengrajinPerahu Kebondowo Banyubiru”. Jurnal Teknik Perkapalan, Vol. , no. 1, pp. 59-65, 2019.
  2. . Abdurohman, A., Trimulyono A., Amiruddin W., “Analisa Hambatan Angin Dan Stabilitas Kapal Super,” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 4, no. 1, pp. 91–100, 2016.
  3. . P. Andersen, “Wind Forces on Container Ships (in Danish),” DTU Mechanical Engineering, no.3, p. 282, 2007.
  4. . A. Prasetya, W. Amiruddin, U. Budiarto, D. “Perubahan Rencana Umum Akibat Penambahan Alat Tangkap Dan Pengaruhnya Pada Performance Kapal,” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 4, no. 4, pp. 847–857, 2016.
  5. . Amiruddin, W., E. S. Hadi, Kiryanto, “Pemanfaatan Material Plastik Hdpe Bekas Drum Kemasan Sebagai Kulit Lambung Perahu,” Jurnal Kapal, vol. 11, no. 3, pp. 162–169, 2014.
  6. . I. Mujiarto, “Sifat dan Karakteristik Material Plastik dan Bahan Aditif,” Traksi, vol. 3, no. 2, pp. 65–74, 2005.
  7. . Bierley, A. W., R. J, Heat dan M.J. Scoot. 1988. “Plastik Materials Properties and Applications”. New York: Chapman and Hall Publishing.
  8. . D. W. Amiruddin, “Analisis Teknis Ekonomis Penggunaan Kulit Plastik HDPE Sebagai Pengganti Kulit Kayu Pada Lambung Perahu Katamaran,” Jurnal Kapal, vol. 16, no. 1, p. 33, 2019.
  9. . T. Fujiwara, M. Ueno, and T. Nimura, “Estimation of Wind Forces and Moments acting on Ships,” National Maritime Research Institute. Japan, vol. 1998, no. 183, pp. 77–90, 1998.
  10. .J. M. A. Fonfach and C.g. Soares, “Improving The Resistance Of a Series 60 Vessel With a CFD Code”, V Europan Conference on Computational Fluid Dynamics (CFD 2010), no. June, pp.14-17, 2010.
  11. .Mujahid, S. 2019. “Kajian Penentuan Titik Berat Vertikal Pada Studi Kelayakan Desain Barge Penambang Timah Terhadap Stabilitas Kapal”. Jurnal Inovtek Polberg, Vol. 9, No. 1. pp. 182-189.
  12. .I. Aditio, E. S. Hadi & Kiryanto, “Analisa Teknis Dan Ekonomis Pada Kapal Pelayaran Rakyat "KLM Lestari Budaya" Setelah Dimodifikasi Menjadi Perahu Wisata,” Jurnal Teknik Perkapalan, Vol. 6, pp. 1-9, 2018.