Analisa Olah Gerak Ponton Bentuk Silinder Dengan Penambahan Heaving Plate Lingkaran Pada Gelombang Reguler

*Wahif Indramana  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Eko Sasmito Hadi  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Deddy Chrismianto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 11 Dec 2019; Published: 12 Dec 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Dunia perkapalan telah mengalami banyak perkembangan dan inovasi yang telah dilakukan, termasuk perkembangan pengujian terhadap benda apung yang sangat bervariasi. Dalam pengujian benda apung terdapat berbagai macam cara, seperti pengujian benda apung di Laboratorium Hidrodinamika menggunakan Towing Tank, pengujian menggunakan software maupun pengujian dengan perhitungan manual. Penambahan heaving plate pada ponton dapat memberikan massa tambahan sehingga dapat mengurangi gerakan heaving.  Dalam penelitian ini menggunakan metode CFD dengan software analisa olah gerak (seakeeping) untuk mendapat nilai olah gerak dengan variasi diameter heaving plate, panjang spar, sarat ponton dan tinggi gelombang. Nilai olah gerak ponton dengan heaving plate diantaranya nilai heaving tertinggi terdapat pada ponton dengan variasi spar pendek, heaving plate 5 pada sarat 5.0 cm dan gelombang 2 dengan nilai 3.627 cm, nilai pitching tertinggi terdapat pada variasi spar pendek, heaving plate 1  pada sarat 5.0 cm dan gelombang 2 dengan nilai 18.573° dan nilai rolling tertinggi terdapat variasi spar panjang, heaving plate 4 pada sarat 2.5 cm dan gelombang 2 dengan nilai 0.079°. Dari hasil pengujian disimpulkan bahwa variasi heaving plate, spar dan muatan mempengaruhi nilai olah gerak yang berbeda-beda, tinggi gelombang memiliki pengaruh yang paling besar, semakin tinggi gelombang yang digunakan semakin besar nilai olah gerak.

Keywords: Ponton; Heaving Plate; Spar; Olah Gerak; CFD; Gelombang Reguler

Article Metrics:

  1. K. B. Setiawan, “Pengukuran Olah Gerak Ponton Akibat Pengaruh Gelombang Reguler dengan Variasi Bentuk dan Muatan Berbasis Mikrokontroler pada Towing Tank Laboratorium Hidrodinamika,” J. Tek. Perkapalan, pp. 1–10, 2018.
  2. A. Subbulakshmi, J. Jose, R. Sundaravadivelu, and R. P. Selvam, “Effect of Viscous Damping on Hydrodynamic Response of Spar with Heave Plate,” Aquat. Procedia, vol. 4, pp. 508–515, 2015.
  3. A. Subbulakshmi and R. Sundaravadivelu, “Heave damping of spar platform for offshore wind turbine with heave plate,” Ocean Eng., vol. 121, pp. 24–36, 2016.
  4. J. Li, S. Liu, M. Zhao, and B. Teng, “Experimental investigation of the hydrodynamic characteristics of heave plates using forced oscillation,” Ocean Eng., vol. 66, pp. 82–91, 2013.
  5. S. Sudhakar and S. Nallayarasu, “Influence of Heave Plate on Hydrodynamic Response of Spar,” In Proc. International Conference on Ocean, Offshore and Arctic Engineering, pp. 1–11, 2014.
  6. M. N. Gomes, C. R. Olinto, L. A. O. Rocha, J. A. Souza, and L. A. Isoldi, “Computational Modeling of a Regular Wave Tank,” Therm. Eng., vol. 8, no. 01, pp. 44–50, 2009.
  7. T. T. Efendi, A. Sulisetyono, and T. Putranto, “Analisa Keandalan Struktur Akibat Beban Gelombang Pada Kapal Perang Tipe Corvette,” J. Tek. ITS, vol. 5, no. 2, p. G-315-G319, 2016.
  8. A. F. R. Hakim, E. S. Hadi, and Kiryanto, “Pengukuran Olah Gerak Ponton Akibat Pengaruh Gelombang Reguler Dengan Variasi Bentuk Ponton Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic,” J. Tek. Perkapalan, vol. XV, no. 3, pp. 1–10, 2019.
  9. S. P. Kim, “CFD as a seakeeping tool for ship design,” Int. J. Nav. Archit. Ocean Eng., vol. 3, no. 1, pp. 65–71, 2011.
  10. Alldredge, J. Richard, and J. T. Ratti, “Comparison of Some Statistical Techniques for Analysis of Resource Selection,” J. Wildl. Manage., vol. 50, no. 1, pp. 157–165, 1986.