Analisa Teknis Ekonomis Modifikasi Kapal Monohull Menjadi Kapal Trimaran, Studi Kasus Kapal Dongkrok di Jepara

Wilma Amiruddin  -  , Indonesia
Good Rindo  -  , Indonesia
Received: 6 Nov 2019; Published: 17 Dec 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Abstrak

Besarnya potensi pariwisata bahari yang dimiliki oleh kepulauan karimunjawa tidak diikuti dengan sarana wisata yang memadai, antara lain kebutuhan tentang kapal sebagai alat transportasi wisata disekitar kepulauan karimunjawa, di lain pihak terdapat beberapa jenis kapal ikan tertentu yang relative kecil yang tidak produktif / dongkrok di Jepara yang disebabkan karena persoalan overfishing. Modifikasi akan dilakukan dengan melakukan perubahan lambung kapal dari kapal dongkrok monohull menjadi kapal wisata trimaran dimana hal tersebut akan memberikan pengaruh teknis maupun ekonomis. Perubahan yang dimaksud antara lain perluasan layout geladak sehingga dapat mendukung kepentingan yang lebih luas, khususnya untuk kegiatan wisata. antara lain diving, snorkeling, memancing dan kegiatan rekreasi lain.. Analisis teknis ekonomis dilakukan berdasarkan konsekwensi perubahan yang dimaksud  antara lain analisis performa hambatan kapal dan profitabilitas usaha. Hasil perhitungan menunjukkan  nilai hambatan setelah modifikasi memiliki nilai hambatan terbesar sebesar 14,09 kN pada kondisi maksimal dan hambatan terkecil sebesar 11,55 kN pada kondisi muatan 50% dan consumable sebesar 25%. Mendukung performa kapal setelah modifikasi, dibutuhkan daya mesin sebesar 100 HP. Hasil perhitungan ekonomis kapal sebelum modifikasi  memiliki nilai IRR sebesar 19,26% dengan masa balik modal selama 2,7 tahun dan hasil setelah modifikasi memiliki nilai IRR sebesar 26,25% dengan masa balik modal selama 2,4 tahun, hal tersebut menunjukkan bahwa kapal setelah modifikasi lebih menguntungkan.

 

Keywords: Overfishing; Trimaran; S/L; Hambatan; Rhino; Maxsurf; Teknis dan Ekonomis

Article Metrics:

  1. Portal Resmi Kabupaten Jepara, “Kondisi Geografis,” 2019. [Online]. Available: https;//jepara.go.id
  2. BPS-Bappeda Kabupaten Jepara., 2017, “Jepara Dalam Angka,” BPS Kabupaten Jepara, Jepara
  3. Gibson, Andrew & I Ketut Aria Pria Utama. 2016. “Analisis CFD Hambatan Lambung Kapal Trimaran Asimetris Flat Side Inside dengan Variasi Jarak Antara Lambung Secara Membujur” Jurnal Teknik ITS, vol. 5, no. 1, Surabaya
  4. E. S. Hadi, “Studi Kelayakan Modifikasi Kapal Ikan Menjadi Kapal Wisata Di Tinjau Dari Analisa Biaya (Studi Kasus Pada Kapal Wisata Gazebo Di Karimunjawa),’’ KAPAL : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan, vol. 7, no 2, Jul. 2012
  5. P. Manik, S. Jokosisworo, and B. A. Laksana, “Pra Perancangan Kapal Pariwisata di Green Canyon Pangandaran,” KAPAL : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan, vol.11, no. 2, pp. 77-84, May. 2014
  6. K.A. Hafez, A.A El-Kot “Comparative Investigation of The Stagger Variation Influence on The Hydrodynamic Interference of High Speed Trimaran” Departement of Naval Architecture and Marine Engineering, Faculty of Engineering, Alexandria Unversity. Feb. 2012
  7. P. Y. Dremière, “Fisherman’s Workbook”, Food and Agriculture Organization of The United Nations, France, 1990
  8. Kunarso, dkk, “Musim Ikan di Perairan Laut Jawa Kabupaten Jepara dan Prediksi Lokasi Fishing Ground nya,” Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro, Juni 2016
  9. B. K. Jowis, Samuel, “Analisa Ekonomi Pembangunan Kapal Ikan Fiberglass Katamaran Untuk Nelayan di Perairan Pantai Teluk Penyu Kabupaten Cilacap,” S1 Teknik Perkapalan Fakultas Universitas Diponegoro, vol. 9, no. 1, Feb. 2013
  10. M. S. Dalimunthe, W. Amiruddin and A. W. B. Santosa, “Analisa Teknis Kekuatan Konstruksi Aibat Penggantian Alat Tangkap dan Nilai Ekonomisnya,” KAPAL, vol. 6, no. 1, Januari 2018