Analisa Pengaruh Penambahan Stern Flap Pada Performa Kapal Cepat 60 M

*Ebin Ezer Sinaga  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Received: 21 Oct 2019; Published: 16 Dec 2019.
Download
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: EN
Statistics: 32
Abstract
Regulasi dari International Maritime Organization (IMO) tentang efisiensi energi menyebabkan design kapal harus memiliki hambatan sekecil mungkin agar konsumsi bahan bakar juga rendah. Beberapa modifikasi bentuk lambung kapal telah dikembangkan agar performa kapal dapat ditingkatkan menjadi lebih baik sehingga dalam penggunaannya lebih efisien.  Stern flap merupakan modifikasi bentuk lambung berupa penambahan appendage pada bagian transom bawah kapal. Aplikasi penggunaan stern flap dapat memperbaiki olah gerak kapal yang terlalu berat di belakang sehingga menyebabkan kapal memiliki kecenderungan trim buritan, meningkatkan kerja hidrodinamik dan  mengurangi hambatan yang bekerja saat kapal beroperasi. Penelitian ini menganalisa pengaruh penambahan appendage pada buritan berupa stern flap terhadap performa kapal cepat dengan menggunakan program computer berbasis Computation Fluid Dynamic (CFD. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan hasil analisa model asli yaitu  tanpa penambahan flap  dengan variasi penambahan flap pada buritan kapal. Berdasarkan hasil analisa, didapatkan peningkatan performa  kapal untuk setiap variasi stern flap dibandingkan dengan model asli. Model flap V dengan panjang flap 2% LPP dan Trailling Edge Down (TED) angle sebesar 90 merupakan variasi paling bagus. Nilai hambatan total pada setiap kecepatannya mengalami penurunan yang lebih baik dibanding model lain. Hambatan total kapal diperkecil hingga 5,53 %.
Keywords
Hambatan Kapal; Stern Flap; Appendage; Computational Fluid Dynamics

Article Metrics:

  1. International Maritime Organization. Third IMO greenhouse gas study 2014 executive summary. London UK:International Maritime Organization; 2015
  2. R F. A. Molland, R. S. Turnock and A. D. Hudson, Ship Resistance and Propulsion : pratical estimation of ship propulsive power, 2011
  3. Y. H. Ozdemir, A. Dogrul, and B. Barlas, “A Numerical Application To Predict The Resistance And Wave Pattern Of Kriso Container Ship,” no. June, 2016.
  4. A. D. Alfian, D. Chrismianto, and E. S. Hadi, “ANALISA HAMBATAN AKIBAT PENAMBAHAN STERN WEDGE PADA KRI TODAK MENGGUNAKAN METODE CFD (COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC),” Univ. Diponegoro, vol. 4, no. 4, pp. 779–786, 2016
  5. Sihombing D. M., Amiruddin W., Iqbal M. 2019. "Analisa Performa Hull Vane Terhadap Hambatan dan Seakeeping Kapal Perintis 750 DWT dengan Variasi Foil Menggunakan Metode CFD"
  6. O. Yaakob, S. Shamsuddin, and K. Kho King, “Stern Flap For Resistance Reduction Of Planing Hull Craft: A Case Study With A Fast Crew Boat Model,” Univ. Teknol. Malaysia, vol. Stern Flap, pp. 43–52, 2004.
  7. M. Salas, J. Rosas, and R. Luco, “Hydrodynamic analysis of the performance of stern flaps in a semi-displacement hull,” Lat. Am. Appl. Res., vol. 34, no. 4, pp. 275–284, 2004.
  8. E. Jadmiko, I. S. Arief, and L. Arif, “Comparison of Stern Wedge and Stern Flap on Fast Monohull Vessel Resistance,” Int. J. Mar. Eng. Innov. Res., vol. 3, no. 2, pp. 41–49, 2018.
  9. J. Harumbinang, D. Chrismianto, and E. S. Hadi, “ANALISA HAMBATAN AKIBAT PENAMBAHAN STERN FLAP PADA KAPAL KRI TODAK MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (CFD),” Univ. Diponegoro, vol. 4, no. 4, pp. 758–767, 2016.
  10. D. S. Cusanelli, “Scaling Effects on Stern Flap Performance Progress Report,” West Bethesda, 2009.
  11. M. M. Z. B, P. H. Rukmono, and M. Basuki, “Pengaruh Variasi Sudut Masuk Trim Tab Pada Fast Patrol Boat 60 Meter Menggunakan Pendekatan CFD,” pp. 181–194, 2016.
  12. L. Xu, D. He, and D. Wan, “Research Status and Analysis of the Ship Hydrodynamic Energy-saving Devices.”
  13. W. B. P. Daniel Savitsky, “Procedures for Hydrodynamis Evaluation of Planing Hulls in Smooth and Rough Water.” 1976.
  14. G. D. Villa, “a Systematic Cfd Analysis of Flaps / Interceptors,” 10th Int. Conf. Fast Sea Transp., no. October, pp. 1023–1038, 2009.
  15. R. Bhattacharyya, Dynamics of Marine Vehicles, 1st ed. New York: A Wiley Interscience Publication, 1978.
  16. G. Karafiath, D. S. Cusanelli, and C. W. Lin, “Stern wedges and stern flaps for improved powering–US Navy experience,” Trans. - Soc. Nav. Archit. Mar. Eng., vol. 107, pp. 67–99, 1999