Analisa Perubahan Sudut Swept Fully Submerged Foil Terhadap Gaya Angkat & Hambatan Pada Kapal Pilot Boat 15 Meter

*Regita Berlian Agustian  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Deddy Chrismianto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 19 Sep 2019; Published: 19 Sep 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract
Di era globalisasi yang maju ini membuat teknologi perkapalan juga semakin berkembang pesat. Banyak sekali inovasi yang di kembangkan, seperti halnya kapal pilot boat yang di modifikasi menjadi hydrofoil. Hydrofoil merupakan kontruksi foil yang terpasang di bawah lambung kapal yang berfungsi untuk memberikan gaya angkat pada kapal pilot boat sehingga dapat mengurangi hambatan kapal pilot boat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan dan gaya angkat pada kapal pilot boat 15 meter dengan ada dan tidaknya penambahan hydrofoil. Dengan harapan hasil penelitian ini dapat bermanfaat dalam merancang hidrofoil khususnya untuk kapal pilot boat di Indonesia. Penelitian ini menggunakan konfigurasi fully submerged foil, yang dilakukan dengan menganalisa berbagai variasi swept foil serta angel of attack, untuk mendapatkan gaya angkat paling besar dan hambatan total kapal yang paling kecil dalam metode Computational Fluid Dynamic (CFD). Berdasarkan hasil analisa menggunakan software Tdyn 14.0.1 didapatkan nilai gaya angkat terbesar yaitu 36.788 KN untuk variasi sudut serang 4 derajat dan swept 10 derajat froude number 1.356. Nilai hambatan total diperkecil 24.921 KN. Nilai tersebut terjadi pada Froude Number 1.356. Dari beberapa variasi sudut swept fully submerged foil yang dilakukan didapatkan variasi swept fully  submerged foil yang paling efektif yaitu untuk variasi sudut serang 4 derajat dan swept fully submerged foil 10 derajat.
Keywords: hydrofoil, pilot boat, gaya angkat, hambatan, swept foil

Article Metrics:

  1. H. Zubae, U. Budiarto, and M. Iqbal, "Analisa Variasi Twin Step Hull pada Kapal Pilot Boat 15 Meter ALU dengan Menggunakan Metode CFD, " J. Tek. Perkapalan, Vol. 6, 2018.
  2. S. Y. Afriansyah, U. Budiarto, and P. Manik, "Analisa Penambahan Hull Vane Dengan Tipe Foil NACA 4412 Terhadap Hambatan dan Gaya Angkat pada Kapal Pilot Boat 15 Meter dengan Variasi Sudut Serang dan Kedalaman Foil Menggunakan Metode CFD, " J. Tek. Perkapalan, Vol. 7, 2019.
  3. M. G . Damarjati, D. Chrismianto, and B. A. Adietya, "Analisa Pengaruh Perubahan Sudut Swept Fullysubmerged Foil Terhadap Gaya Angkat dan Hambatan pada Kapal Katamaran Menggunakan Metode CFD, " J. Tek. Perkapalan, Vol. 1, 2019.
  4. S. Bal, “Lift and Drag Characteristics of Cavitating Swept and V-Type Hydrofoils,” Int. J. Marit. Eng., no. January, 2005.
  5. H. N. Loveday, G. Migeotte, and T. W. von Backstrom, “The Design of a Hydrofoil System for Sailing Catamarans,” South African Inst. Mech. Eng. R&D J., vol. 24, no. 1, pp. 12–18, 2008.
  6. M. Salas, R. Luco, P. K. Sahoo, N. Browne, and M. López, “Experimental and CFD resistance calculation of a small fast catamaran,” Int. Conf. high Perform. Veh., no. October 2015, pp. 215–229, 2004.
  7. R. Bhattacharyya, Dynamics of Marine Vehicles. New York: John Wiley & Son, 1978.
  8. A.H. Fajar, D. Chrismianto, and E.S. Hadi, “Studi Analisa Slaming & Deck Wetness Akibat Gerakan Heaving – Pitching Coupling & Gerakan Non-Linier Rolling (Studi Kasus Kapal MT.Pandan),” University Diponegoro, 2017.
  9. A. F. Molland, R. S. Turnock dan D. A Hudson, Ship Resistance and Propulsion, University of Southampton: Cambridge University Press, 2011.