BibTex Citation Data :
@article{JTP24795, author = {Regita Agustian and Deddy Chrismianto and Ahmad Zakki}, title = {Analisa Perubahan Sudut Swept Fully Submerged Foil Terhadap Gaya Angkat & Hambatan Pada Kapal Pilot Boat 15 Meter}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {7}, number = {4}, year = {2019}, keywords = {hydrofoil, pilot boat, gaya angkat, hambatan, swept foil}, abstract = { Di era globalisasi yang maju ini membuat teknologi perkapalan juga semakin berkembang pesat. Banyak sekali inovasi yang di kembangkan, seperti halnya kapal pilot boat yang di modifikasi menjadi hydrofoil. Hydrofoil merupakan kontruksi foil yang terpasang di bawah lambung kapal yang berfungsi untuk memberikan gaya angkat pada kapal pilot boat sehingga dapat mengurangi hambatan kapal pilot boat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan dan gaya angkat pada kapal pilot boat 15 meter dengan ada dan tidaknya penambahan hydrofoil. Dengan harapan hasil penelitian ini dapat bermanfaat dalam merancang hidrofoil khususnya untuk kapal pilot boat di Indonesia. Penelitian ini menggunakan konfigurasi fully submerged foil, yang dilakukan dengan menganalisa berbagai variasi swept foil serta angel of attack, untuk mendapatkan gaya angkat paling besar dan hambatan total kapal yang paling kecil dalam metode Computational Fluid Dynamic (CFD). Berdasarkan hasil analisa menggunakan software Tdyn 14.0.1 didapatkan nilai gaya angkat terbesar yaitu 36.788 KN untuk variasi sudut serang 4 derajat dan swept 10 derajat froude number 1.356. Nilai hambatan total diperkecil 24.921 KN. Nilai tersebut terjadi pada Froude Number 1.356. Dari beberapa variasi sudut swept fully submerged foil yang dilakukan didapatkan variasi swept fully submerged foil yang paling efektif yaitu untuk variasi sudut serang 4 derajat dan swept fully submerged foil 10 derajat. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/24795} }
Refworks Citation Data :
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License