Analisa Kekuatan Struktur Stern Ramp Door pada Kapal Ferry Ro-Ro 1000 GT

*Slamet Haryo Samudro  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Hartono Yudo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 18 Sep 2019; Published: 18 Sep 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Kapal ferry ro-ro adalah kapal yang bisa memuat kendaraan dan penumpang yang berjalan masuk ke dalam dan keluar kapal dengan penggeraknya sendiri, sehingga disebut sebagai kapal roll on – roll off atau disingkat dengan ro-ro. Oleh karena itu, kapal ini dilengkapi dengan rampa (Ramp). Dari sebuah kasus nyata yang terjadi pada tahun 2018, ramp door KMP. Nusa Putera SP Ferry patah pada bagian engsel ramp door. Hal tersebut menjadi latar belakang penelitian konstruksi stern ramp door lebih lanjut sampai bagian engselnya. Dengan tujuan mengetahui tegangan maksimum, komponen paling kritis, dan karakteristik tegangan yang terjadi. Metode yang digunakan menggunakan software berbasis metode elemen hingga. Pada penelitian ini pembebanan di stern ramp door menggunakan dua jenis kendaraan dan satu kendaraan paling berat sebagai perbandiangan dari beban perencanaan. Yaitu truk 16ton (1-2), 19 ton (1-1-2) dan 24 ton (1-2-2) dengan variasi pembebanan awal, tengah dan akhir sesuai posisi roda kendaraan dan dibuat 3 model berbeda dengan kondisi stern ramp door normal, 11˚ (+1000 mm), dan 349˚ (-1000 mm). Tegangan paling maksimum dan kritis terjadi pada stern ramp door normal beban truk 19 ton, posisi beban akhir (roda bagian belakang) dengan nilai stress 141,280 Mpa, deformasi sebesar 3,749 mm, aman menurut kriteria BKI.  

Keywords: Kapal ferry ro-ro;Stern ramp door;Tegangan;Beban Truk;Metode elemen hingga

Article Metrics:

  1. Dokkum, V. Klaas, “Ship Knowledge – A Modern Encyclopedia”,Dokmar, The Netherlands, 2003.
  2. J. Babicz, Wärtsilä Encyclopedia of Ship Technology, 2015.
  3. N.F. Hidayat, I. Pujo M, and H. Yudo, "Analisa Kekuatan Struktur Stern Ramp Door KM.Gambolo dengan Variasi Beban Menggunakan Metode Elemen Hingga", Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan,Vol. 5, no.1, Jan 2017.
  4. Johan, I.Pujo M, and G. Rindo, "Analisa Kekuatan Konstruksi Stern Ramp Door Sistem Steel Wire Rope Pada Kapal Penyeberangan Penumpang Ro-Ro 500 GT Akibat Beban Statis Dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga", Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan,Vol. 6, no.1, Jan 2018.
  5. S. Jokosisworo and J. Sebastian, " Analisa Fatigue Kekuatan Stern Ramp Door Akibat Beban Dinamis Pada KM.KIRANA I Dengan Metode Elemen Hingga Diskrit Elemen Segitiga Plane Stress", Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan,Vol. 8, no.3, Okt 2011.
  6. H. Rekanza, "Ramp Door patah satu unit truk tercebur ke laut di bakauheni" [Online]. https://lampungpro.com/post/16728/ramp-door-patah-satu-unit-truk-tercebur-ke-laut-di-bakauheni/(5.15 pm 28 maret)
  7. A. F. Molland, “The Maritime Engineering Reference Book: A Guide to Ship Design, Construction and Operation,” Elsevier. p. 920, 2011.
  8. U. B. Karlsson and A. Ulfvarson, “Structural safety analysis of bow doors,” Proc. Inst. Mech. Eng. Part M J. Eng. Marit. Environ., vol. 220, no. 1, pp. 1–12, 2006.
  9. B. K. Indonesia, “Rules For Hull”, Rules Classif. Constr., vol. II, 2018.
  10. E.P. Popov, “Mechanics of Materials”, 2nd edition, Prentice-Hall Inc.,New Jersey, 1994.
  11. D.L. Logan, 2002. “A First Course in the Finite Element Method”, 4 edition. Brooks/ Cole Thompson Learning, Boston.
  12. Panduan Batasan Maksimum Perhitungan JBI dan JBKI untuk Mobil Barang, Kendaraan Khusus, Kendaraan Penarik berikut Kereta Tempelan/ Kereta Gandengan, Departemen Perhubungan Direktorat Jendral Perhubungan Darat SK-Tahun 2008.