Analisa Performa Penambahan Hull Vane Terhadap Hambatan dan Seakeeping Kapal Perintis 750 DWT dengan Variasi Foil Menggunakan Metode CFD

*Daud Martim Sihombing  -  , Indonesia
Wilma Amiruddin  -  Departemen Teknik Perkapalan, fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Muhammad Iqbal  -  Departemen Teknik Perkapalan, fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Received: 25 Feb 2019; Published: 11 Apr 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract
Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di Dunia dan sebagian wilayahnya adalah perairan.Kapal Perintis merupakan kapal yang erintis tugas dan pada saat beroperasi kapal perintis mempunyai hambatan (resistance). Untuk mengurangi nilai hambatan kapal digunakan teknologi Hull Vane. Hull Vane  adalah fixed foil yang terletak dibawah garis air pada bagian buritan kapal. Gaya angkat pada hull vane dapat mengurangi hambatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil hambatan yang terkecil dan olah gerak kapal yang terbaik dari varias foil dan sudut. Ukuran hull vane yang digunakan pada penelitian ini yaitu panjang span foil 9,46 m dan panjang chord foil 1,15 m. Penelitian ini menggunakan progam komputer berbasis Computational Fluid Dynamic (CF D). Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa kapal dengan penambahan hull vane dengan variasi NACA 1410 sudut -5 dengan Fn 0,34 dapat mengurangi hambatan sebesar 11,839% dari hambatan kapal asli. Dari hasil running menunjukkan pengurangan hambatan total dari 163,66 KN menjadi 144,29 KN, preasure force dari 71,73 KN menjadi 39,07 N dan hambatan viskositas berkurang dari 87,98 KN menjadi 99,77 KN.

Article Metrics: