Analisa Kekuatan Konstruksi Ramp Door Pada Kapal Landing Ship Tank (LST) 117 M Dengan Metode Elemen Hingga

Received: 21 Nov 2018; Published: 23 Jan 2019.
View
Analisa Kekuatan Konstruksi Ramp Door Pada Kapal Landing Ship Tank (LST) 117 M Dengan Metode Elemen Hingga
Subject
Type Research Instrument
  Download (1MB)    Indexing metadata
Open Access
Citation Format:
Abstract

Kapal Landing Ship Tank (LST) 117 M adalah kapal perang milik TNI AL yang dipergunakan mengangkut 10 unit  tank Leopard 2A4  dengan berat 60 ton dan perlengkapan senjata lainnya.Untuk memudahkan akses keluar masuk tank  yang diangkut maka kapal ini dilengkapi sebuah ramp door yang terletak dibagian haluan kapal.Ramp door pada kapal LST ini menggunakan material baja grade A BKI dengan nilai tegangan ijin bahan sebesar 235 Mpa yang memilki ukuran panjang 6130 mm,lebar 5100 mm ,tinggi 650 mm ,dan tebal plat 12 mm.Analisa kekuatan pada ramp door perlu diperhatikan untuk mengetahui beban (force) yang diterima berupa tank sehingga menyebabkan tegangan dimana tidak melebihi batas maksimum  yang diijinkan menurut kriteria bahan dan  rules BKI.Dilakukan analisa kekuatan pada ramp door menggunakan metode elemen hingga berbasis software Ansys dan pemodelannya menggunakan software berbasis CAD.Pada model ramp door kapal LST sebelum dilakukan analisa ada beberapa tahapan yaitu penentuan material model,penentuan meshing, penentuan kondisi batas(boundary condition),dan penentuan beban(force) Analisa yang disebabkan oleh beban statis tank berdasarkan empat jenis variasi kendaraan berupa Leopard,BMP3F,Panzer,dan Transporter.Hasil analisa dengan tegangan terbesar didapatkan  pada kondisi pembebanan tank Leopard sebesar 77,74 N/mm2 dan nilai deformasi sebesar 17,23 mm.Tegangan ini masih aman karena setelah dibandingkan dengan tegangan ijin berdasarkan rules BKI sebesar 175 N/mm2 menghasilkan nilai safety factor sebesar  2,25.

Note: This article has supplementary file(s).

Article Metrics: