BibTex Citation Data :
@article{JTP22308, author = {Arif Wahyudin and Hartono Yudho and Ahmad Zakki}, title = {Analisa Kekuatan Struktur Gravity Davit pada Kapal Perintis 1200 GT dengan Metode Elemen Hingga}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {7}, number = {1}, year = {2019}, keywords = {Kapal Perintis 1200 GT, Analisa Kekuatan, Tegangan, Davit}, abstract = { Davit berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk menaikkan atau menurunkan sekoci penolong diatas kapal. Davit sering tidak dimaksimalkan dalam perencanaan pengadaan maupun penggunaanya sehingga kurang optimal dari segi kemampuan topangnya. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan topang maksimal dari struktur davit pada kapal perintis 1200 GT dengan menggunakan variasi beban kapasitas sekoci. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisa tegangan yang terjadi pada struktur davit dengan pembebanan sekoci bermuatan penuh selanjutnya modeling dan analisa menggunakan Msc. Patran dan Msc. Nastran. Msc. Nastran dapat memberikan keluaran berupa default fringe atau tegangan ultimate dan default deformation yang terjadi pada struktur dewi-dewi dari efek pembebanan. Hasil dari analisa menunjukan bahwasanya struktur davit pada kapal perintis 1200 GT mampu untuk menopang sekoci bermuatan penuh kapasitas kurang dari atau sama dengan 85 orang dengan nilai tegangan sebesar 56,5 N/mm 2 serta nilai safety factornya sebesar 4,16 pada kriteria bahan dan 2,66 pada tegangan ijin maksimum, sesuai dengan standar BKI dan standar NCVS yang mengharuskan davit mampu menahan 2,2 kali beban kerja pada uji beban statis. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/22308} }
Refworks Citation Data :
Davit berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk menaikkan atau menurunkan sekoci penolong diatas kapal. Davit sering tidak dimaksimalkan dalam perencanaan pengadaan maupun penggunaanya sehingga kurang optimal dari segi kemampuan topangnya. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan topang maksimal dari struktur davit pada kapal perintis 1200 GT dengan menggunakan variasi beban kapasitas sekoci. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisa tegangan yang terjadi pada struktur davit dengan pembebanan sekoci bermuatan penuh selanjutnya modeling dan analisa menggunakan Msc. Patran dan Msc. Nastran. Msc. Nastran dapat memberikan keluaran berupa default fringe atau tegangan ultimate dan default deformation yang terjadi pada struktur dewi-dewi dari efek pembebanan. Hasil dari analisa menunjukan bahwasanya struktur davit pada kapal perintis 1200 GT mampu untuk menopang sekoci bermuatan penuh kapasitas kurang dari atau sama dengan 85 orang dengan nilai tegangan sebesar 56,5 N/mm2 serta nilai safety factornya sebesar 4,16 pada kriteria bahan dan 2,66 pada tegangan ijin maksimum, sesuai dengan standar BKI dan standar NCVS yang mengharuskan davit mampu menahan 2,2 kali beban kerja pada uji beban statis.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License