BibTex Citation Data :
@article{JTP21790, author = {Ramadhani Aristasari}, title = {Analisis Teknis dan Ekonomis Pengaruh Modifikasi Kapal Penangkap Ikan Menjadi Kapal pengangkut Ikan}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {6}, number = {4}, year = {2018}, keywords = {}, abstract = { Perubahan tipe kapal ikan dari tipe penangkap ikan menjadi pengangkut ikan akan memberikan pengaruh teknis maupun ekonomis. Perubahan yang dimaksud antara lain perubahan ruang muat dan perlangkapannya yang memberikan konsekwensi terhadap terhadap perubahan komponen berat dari kapal, kapasitas ruang muat serta lama waktu pelayaran. Analisis teknis ekonomis dilakukan berdasarkan konsekwensi perubahan yang dimaksud antara lain analisis performa kapal dan profitabilitas usaha. Hasil analisis nilai stabilitas dari kapal sebelum dan setelah modifikasi menunjukkan nilai yang sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan oleh IMO dan hasil keduanya tidak jauh berbeda. Nilai hambatan pada kapal sebelum dimodifikasi adalah sebesar 133,3 kN untuk kecepatan maximum 15 knot dan daya mesin 1379,116 HP, sedangkan pada kapal setelah dimodifikasi adalah sebesar 115,3 kN dan daya mesin 1193,17 HP. Hasil olah gerak 2009 menunjukkan karakteristik olah gerak kedua kapal yang dimaksud telah memenuhi kriteria. Hasil perhitungan ekonomis kapal sebelum di modifikasi memiliki nilai IRR sebesar 41,55 dengan masa balik modal selama 2 tahun dan hasil setelah modifikasi memiliki nilai IRR sebesar 16,11 dengan masa balik modal selama 3,3 tahun. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/21790} }
Refworks Citation Data :
Perubahan tipe kapal ikan dari tipe penangkap ikan menjadi pengangkut ikan akan memberikan pengaruh teknis maupun ekonomis. Perubahan yang dimaksud antara lain perubahan ruang muat dan perlangkapannya yang memberikan konsekwensi terhadap terhadap perubahan komponen berat dari kapal, kapasitas ruang muat serta lama waktu pelayaran. Analisis teknis ekonomis dilakukan berdasarkan konsekwensi perubahan yang dimaksud antara lain analisis performa kapal dan profitabilitas usaha. Hasil analisis nilai stabilitas dari kapal sebelum dan setelah modifikasi menunjukkan nilai yang sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan oleh IMO dan hasil keduanya tidak jauh berbeda. Nilai hambatan pada kapal sebelum dimodifikasi adalah sebesar 133,3 kN untuk kecepatan maximum 15 knot dan daya mesin 1379,116 HP, sedangkan pada kapal setelah dimodifikasi adalah sebesar 115,3 kN dan daya mesin 1193,17 HP. Hasil olah gerak 2009 menunjukkan karakteristik olah gerak kedua kapal yang dimaksud telah memenuhi kriteria. Hasil perhitungan ekonomis kapal sebelum di modifikasi memiliki nilai IRR sebesar 41,55 dengan masa balik modal selama 2 tahun dan hasil setelah modifikasi memiliki nilai IRR sebesar 16,11 dengan masa balik modal selama 3,3 tahun.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License