BibTex Citation Data :
@article{JTP21390, author = {Agusta Ndururu}, title = {Optimasi Centerbulb Berbentuk Elips pada Kapal Catamaran untuk Memperkecil Nilai Hambatan Menggunakan Metode RSM (Response Surface Method)}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {6}, number = {3}, year = {2018}, keywords = {Katamaran, Hambatan, Centerbulb , CFD, RSM.}, abstract = { Kapal Katamaran merupakan suatu jenis kapal yang telah banyak digunakan untuk berbagai tujuan. Penggunaan Kapal Katamaran yang telah meluas membuat banyak kalangan yang ingin meneliti jenis kapal ini, dan salah satu objek yang penting untuk diteliti adalah mengenai Hambatan Kapal Katamaran. Salah satu cara untuk memperkecil nilai hambatan pada kapal katamaran adalah dengan penambahan centerbulb pada demi-hull kapal katamaran Dalam penelitian ini, centerbulb pada kapal katamaran akan dioptimasi dengan menggunakan metode RSM (Response Surface Method). Pembuatan model kapal dan model centerbulb dilakukan dengan menggunakan software Maxsurf Modeller dan Rhinoceros 4.0, dan dilakukan simulasi menggunakan software berbasis CFD. Setelah data di olah menggunakan metode RSM , melewati tahap Orde 1 , Steepest Descent dan Orde 2 maka dihasilkan sebuah persamaan respon. Persamaan ini menghasilkan plot permukaan minimum yang terbentuk dari nilai-nilai minimum pada analisa hambatan. Model Centerbulb yang didapat dari persamaan dengan ukuran diameter 0.05168 m dan panjang 0.18598 m merupakan model yang paling optimal yang mampu menurunkan nilai Hambatan Total sebesar 16,29 % pada Fn 0.6. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/21390} }
Refworks Citation Data :
Kapal Katamaran merupakan suatu jenis kapal yang telah banyak digunakan untuk berbagai tujuan. Penggunaan Kapal Katamaran yang telah meluas membuat banyak kalangan yang ingin meneliti jenis kapal ini, dan salah satu objek yang penting untuk diteliti adalah mengenai Hambatan Kapal Katamaran. Salah satu cara untuk memperkecil nilai hambatan pada kapal katamaran adalah dengan penambahan centerbulb pada demi-hull kapal katamaran Dalam penelitian ini, centerbulb pada kapal katamaran akan dioptimasi dengan menggunakan metode RSM (Response Surface Method). Pembuatan model kapal dan model centerbulb dilakukan dengan menggunakan software Maxsurf Modeller dan Rhinoceros 4.0, dan dilakukan simulasi menggunakan software berbasis CFD. Setelah data di olah menggunakan metode RSM , melewati tahap Orde 1 , Steepest Descent dan Orde 2 maka dihasilkan sebuah persamaan respon. Persamaan ini menghasilkan plot permukaan minimum yang terbentuk dari nilai-nilai minimum pada analisa hambatan. Model Centerbulb yang didapat dari persamaan dengan ukuran diameter 0.05168 m dan panjang 0.18598 m merupakan model yang paling optimal yang mampu menurunkan nilai Hambatan Total sebesar 16,29 % pada Fn 0.6.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License