slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Optimasi Centerbulb Berbentuk Elips pada Kapal Catamaran untuk Memperkecil Nilai Hambatan Menggunakan Metode RSM (Response Surface Method) | Ndururu | Jurnal Teknik Perkapalan skip to main content

Optimasi Centerbulb Berbentuk Elips pada Kapal Catamaran untuk Memperkecil Nilai Hambatan Menggunakan Metode RSM (Response Surface Method)

*Agusta Ndururu  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kapal Katamaran merupakan suatu jenis kapal yang telah banyak digunakan untuk berbagai tujuan. Penggunaan Kapal Katamaran yang telah meluas membuat banyak kalangan yang ingin meneliti jenis kapal ini, dan salah satu objek yang penting untuk diteliti adalah mengenai Hambatan Kapal Katamaran. Salah satu cara untuk memperkecil nilai hambatan pada kapal katamaran adalah dengan penambahan centerbulb pada demi-hull kapal katamaran Dalam penelitian ini, centerbulb pada kapal katamaran akan dioptimasi dengan menggunakan metode RSM (Response Surface Method). Pembuatan model kapal dan model centerbulb dilakukan dengan menggunakan software Maxsurf Modeller dan Rhinoceros 4.0, dan dilakukan simulasi menggunakan software berbasis CFD.  Setelah data di olah menggunakan metode RSM , melewati tahap Orde 1 , Steepest Descent dan Orde 2 maka dihasilkan sebuah persamaan respon. Persamaan ini menghasilkan plot permukaan minimum yang terbentuk dari nilai-nilai minimum pada analisa hambatan. Model Centerbulb yang didapat dari persamaan dengan ukuran diameter 0.05168 m dan panjang 0.18598 m merupakan model yang paling optimal yang mampu menurunkan nilai Hambatan Total sebesar 16,29 % pada Fn 0.6.

Fulltext
Keywords: Katamaran, Hambatan, Centerbulb , CFD, RSM.
  1. D. B. Danışman, “Reduction of demi-hull wave interference resistance in fast displacement catamarans utilizing an optimized centerbulb concept,” Ocean Eng., vol. 91, pp. 227–234, 2014
  2. Adib, Grafian. 2015. Analisa Penambahan Centerbulb terhadap Hambatan Total Kapal Catamaran menggunakan Software Berbasis CFD. Jurnal Teknik Perkapalan
  3. Hernanta, Hanif Hisyam. 2017. Analisa perubahan geometri, Ukuran dan Bentuk Centerbulb Berbentuk Foil Terhadapa Hambatan Kapal Katamaran MV.Laganbar Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics (CFD). Jurnal Teknik Perkapalan – Vol.5 No.4
  4. Putra, Yosafat Nugraha. 2017. Analisa Variasi Penambahan Fin pada Centerbulb terhadap Hambatan Kapal Katamaran MV. Laganbar Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic (CFD. Jurnal Teknik Perkapalan – Vol.5 No.3
  5. Kuasa, Restu. 2017. Optimalisasi Curve Linesplan Haluan Kapal Perintis 750 DWT Menggunakan Respon Surface Method (RSM) untuk Mengurangi Hambatan. Jurnal Teknik Perkapalan – Vol.5 No.4

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.