slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Analisa Pengaruh Variasi Geometri Centerbulb Elips & Foil Kapal Katamaran Terhadap Gerakan Slamming Berbasis Software CFD (Computational Fluid Dynamic) | Sembiring | Jurnal Teknik Perkapalan skip to main content

Analisa Pengaruh Variasi Geometri Centerbulb Elips & Foil Kapal Katamaran Terhadap Gerakan Slamming Berbasis Software CFD (Computational Fluid Dynamic)

Namo Prima Sembiring  -  Mahasiswa, Indonesia
Parlindungan Manik  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
*Muhammad Iqbal  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Setiap kapal saat beroperasi diatas air mengalami gerakan yang disebabkan kapal itu sendiri maupun dari luar (seakeeping). Gerakan yang berasal dari luar kapal menyebabkan gelombang besar yang dapat membahayakan ABK. Penelitian sebelumnya instalasi ceterbulb pada kapal katamaran dapat mengurangi gerak vertikal dan respon percepatan gerak vertikal. Pada penelitian ini akan dianalisa pengaruh penambahan centerbulb  terhadap gerakan slamming kapal katamaran serta diperoleh bentuk dan geometri yang optimal. Sehingga sebelum membangun suatu kapal sudah diketahui pengaruh geometri dan bentuk centerbulb yang diinstall pada kapal katamaran. Adapun cara untuk mengetahui gerakan slaamming kapal katamaran yaitu dengan melakukan permodelan kapal di software maxsurf dan rhinoceros dan analisa olah gerak menggunakan softwae ansys aqwa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan centerbulb pada kapal katamaran dapat mengurangi gerakan slamming, dan bentuk dari centerbulb foil lebih optimal dibandingkan dengan centerbulb berbentuk elips pada wave heading 1800. Panjang pada centerbulb merupakan faktor yang sangat mempengaruhi gerakan slamming kapal katamaran. Centerbulb kapal katamaran dengan panjang 1,48 m dan diameter 0,504 m berbentuk foil dapat mengurangi ptobabilitas slamming 22,91% pada wave heading 1800 dan centerbulb  dengan panjang 1,339 m dan diameter 0,504 m berbentuk elips dapat mengurangi probabilitas slamming 38,63% pada wave heading 1500.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext |  common.other
Tabel pemeriksaan isi artikel
Subject
Type Other
  Download (23KB)    Indexing metadata
Keywords: Seakeeping, Centerbulb, Slamming, Wave Heading
  1. "Katamaran".Wikipedia. 28 Oktober 2017. https://id.m.wikipedia.org/wiki/katamaran
  2. Zotti, Igor, "Medium Speed Catamaran With Large Central bulbs : experimental investigation on resistance and vertical motion" University of trieste, Department D.I.N.M.A,Session A , pp 167-174, 2006, Italy
  3. Arijal, R P. 2007. J. T., Teknik, F., & Diponegoro, U. “Analisa Pengaruh Centerbulbs Terhadap Hambatan dan Vertical Motion pada Kapal Catamaran”
  4. Hermanto, D., Perkapalan, J. T., Teknik, F., & Diponegoro, U. “Analisa Peningkatan Performa Seakeeping pada Kapal Katamaran Mv. Laganbar Menggunakan Centerbulb dan Bulbous Bow”. Vol. 5, No. 1, 2017
  5. Zakaria, A, Kurniawan., Perkapalan, J. T., Teknik, F., & Diponegoro, U. “Analisa Pengaruh Variasi Centerbulb Berbentuk Foil terhadap Hambatan Kapal Katamaran MV. Laganbar Menggunakan Metode CFD”. Vol. 5, No. 3, 2017
  6. D. B. Danışman, “Reduction of demi-hull wave interference resistance in fast displacement catamarans utilizing an optimized centerbulb concept,” Ocean Eng., vol. 91, pp. 227–234, 2014
  7. Bhattacharyya, R. 1972. Dynamic of Marine Vehicles. New York, United State of America

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.