slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Analisa Pengaruh Variasi Penambahan Fin pada Centerbulb terhadap Performa Seakeeping dan Hambatan Kapal Katamaran dengan metode Computational Fluid Dynamic (CFD) | Syafiq | Jurnal Teknik Perkapalan skip to main content

Analisa Pengaruh Variasi Penambahan Fin pada Centerbulb terhadap Performa Seakeeping dan Hambatan Kapal Katamaran dengan metode Computational Fluid Dynamic (CFD)

*Muhammad Naufal Syafiq  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Untung Budiarto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Muhammad Iqbal  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Perkembangan teknologi perkapalan semakin maju. Hal ini penting karena dengan teknologi yang semakin maju maka dapat membantu dalam meningkatkan performa kapal. Salah satunya adalah kapal katamaran dimana dalam penelitian ini peneliti menambahkan variasi centerbulb dengan penambahan fin pada centerbulbnya dimana dengan penambahan ini ternyata menghasilkan hambatan yang cukup baik tetapi belum bisa memperbaiki nilai olah gerak kapal. Pada penelitian ini penulis menggunakan program komputer berbasis Computational Fluid Dynamic (CFD) didalam menyelesaikan masalah dari tujuan penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan memvariasikan kecepatan ,Jumlah dan ukuran fin pada centerbulb. Hasil penelitian  didapatkan bahwa penambahan variasi Fin pada centerbulb tidak cocok digunakan dalam memperbaiki karakteristik seakeeping kapal karena tidak dapat mengurangi nilai vertical accelaration di setiap Fn-nya dengan kenaikan paling besar pada Fn 0,69 sebesar 2,0264% walaupun hasil ini sudah sesuai dengan standard NORDFORK, 1987.  Sedangkan nilai hambatan total  mengalami  penurunan  paling  optimal  pada  model  1  mengalami  penurunan  hambatan  total  sebesar -20.91% pada Fn 0,36 dan -8,54% pada Fn 0,69.

Fulltext View|Download
Keywords: Seakeeping; Hambatan; Katamaran; Centerbulb; fin; CFD
  1. P. Adi dan Amiadji, "Analisa Penerapan Bulbous Bow pada Kapal Katamaran untuk Meningkatkan Efisisensi Pemakaian Bahan Bakar," Teknik POMITS, Vol. 3, No.1, 2013
  2. D. Chrismianto, . B. . A. A and Y. Sobirin, "Pengaruh Variasi Bentuk Hull Kapal Catamaran Terhadap Besar Hambtan Total Menggunakan CFD," TEKNIK PERKAPALAN ,vol. II, no. 2, pp. 1-8, 2014
  3. A. . K. Nugraha, Samuel and M. Iqbal, "Analisa Peningkatan Performa Hambatan Kapal Katamaran MV. Laganbar menggunakan Centerbulb dan Bulbous Bow dengan Metode Computation Fluid Dynamic (CFD)," TEKNIK PERKAPALAN , vol. V, no. 1, pp. 1-9, 2017
  4. D. Hermanto, Samuel and M. Iqbal, "Analisa Peningkatan Performa Seakeeping Pada Kapal Katamaran Mv. Laganbar Menggunakan Centerbulb Dan Bulbous Bow," TEKNIK PERKAPALAN , vol. 5, no. 1, pp. 1-8, 2017
  5. Y. N. Putra, P. Manik and M. Iqbal, "Analisa Pengaruh Variasi Penambahan Fin Pada Centerbulb Terhadap Hambtan Kapal Katamaran MV.Laganbar Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic (CFD)," TEKNIK PERKAPALAN, vol. v, no. 3, pp. 1-10, 2017
  6. M. R. D. A. Kusuma, D. Chrismianto and S. Jokosisworo, "Analisa Pengaruh Posisi Foil Terhadap Gaya Angkat dan Hambatan Pada Kapal Catamaran Menggunakan Metode CFD," TEKNIK PERKAPALAN, vol. V, no. 4, pp. 1-10, 2017
  7. Danisman, Devrim Bulent,"Reduction Of Demi Hull Wave Interference Resistance in Fast Displacement Catamarans Utilizing an Optimized Centerbulb Concept," Istanbul Technical University of Naval Architecture : Turkey, 2014
  8. I. Zotti, "Medium Speed Catamaran With Large Central Bulbs : Experimental Investigation on Resistance and Vertical Motions," In Proceedings of ICMRT’07, 167–74. Ischia, Naples, Italy, 2007
  9. F.B, Robert, “Motion In Waves and Controllability,” Principles of Naval Architecture Volume III, The Society of Naval Architects and Marine Engineers, USA, 1988
  10. M. Iqbal and G. Rindo, “Optimasi bentuk demihull kapal katamaran untuk meningkatkan kualitas seakeeping,” Kapal, vol. 12, pp. 19–24, 2015
  11. Bhattacharyya, R. ," Dynamic of Marine Vehicles," New York, United State of America, 1972
  12. Couser, P R, Molland, A F, Armstrong N and Utama, I K A P, “Calm Water Powering Predictions for High Speed Catamarans,” Procs. Of International Conference on Fast Sea Transportation, FAST 1997, Sydney, 21-23 July, 1997
  13. Molland, A.F., “ A Guide to Ship Design, Construction and Operation,” Butterworth - Heinemann : Elsevier, 2008

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.