BibTex Citation Data :
@article{JTP19930, author = {Muhammad Syafiq and Untung Budiarto and Muhammad Iqbal}, title = {Analisa Pengaruh Variasi Penambahan Fin pada Centerbulb terhadap Performa Seakeeping dan Hambatan Kapal Katamaran dengan metode Computational Fluid Dynamic (CFD)}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {6}, number = {1}, year = {2018}, keywords = {Seakeeping; Hambatan; Katamaran; Centerbulb; fin; CFD}, abstract = { Perkembangan teknologi perkapalan semakin maju. Hal ini penting karena dengan teknologi yang semakin maju maka dapat membantu dalam meningkatkan performa kapal. Salah satunya adalah kapal katamaran dimana dalam penelitian ini peneliti menambahkan variasi centerbulb dengan penambahan fin pada centerbulbnya dimana dengan penambahan ini ternyata menghasilkan hambatan yang cukup baik tetapi belum bisa memperbaiki nilai olah gerak kapal. Pada penelitian ini penulis menggunakan program komputer berbasis Computational Fluid Dynamic (CFD) didalam menyelesaikan masalah dari tujuan penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan memvariasikan kecepatan ,Jumlah dan ukuran fin pada centerbulb . Hasil penelitian didapatkan bahwa penambahan variasi Fin pada centerbulb tidak cocok digunakan dalam memperbaiki karakteristik seakeeping kapal karena tidak dapat mengurangi nilai vertical accelaration di setiap Fn-nya dengan kenaikan paling besar pada Fn 0,69 sebesar 2,0264% walaupun hasil ini sudah sesuai dengan standard NORDFORK, 1987. Sedangkan nilai hambatan total mengalami penurunan paling optimal pada model 1 mengalami penurunan hambatan total sebesar -20.91% pada Fn 0,36 dan -8,54% pada Fn 0,69. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/19930} }
Refworks Citation Data :
Perkembangan teknologi perkapalan semakin maju. Hal ini penting karena dengan teknologi yang semakin maju maka dapat membantu dalam meningkatkan performa kapal. Salah satunya adalah kapal katamaran dimana dalam penelitian ini peneliti menambahkan variasi centerbulb dengan penambahan fin pada centerbulbnya dimana dengan penambahan ini ternyata menghasilkan hambatan yang cukup baik tetapi belum bisa memperbaiki nilai olah gerak kapal. Pada penelitian ini penulis menggunakan program komputer berbasis Computational Fluid Dynamic (CFD) didalam menyelesaikan masalah dari tujuan penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan memvariasikan kecepatan ,Jumlah dan ukuran fin pada centerbulb. Hasil penelitian didapatkan bahwa penambahan variasi Fin pada centerbulb tidak cocok digunakan dalam memperbaiki karakteristik seakeeping kapal karena tidak dapat mengurangi nilai vertical accelaration di setiap Fn-nya dengan kenaikan paling besar pada Fn 0,69 sebesar 2,0264% walaupun hasil ini sudah sesuai dengan standard NORDFORK, 1987. Sedangkan nilai hambatan total mengalami penurunan paling optimal pada model 1 mengalami penurunan hambatan total sebesar -20.91% pada Fn 0,36 dan -8,54% pada Fn 0,69.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License