skip to main content

Analisa Pengaruh Variasi Posisi Centerbulb Berbentuk Foil Terhadap Hambatan Kapal Katamaran MV. Laganbar Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic (CFD)

*Achmad Kurniawan Zakaria  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Parlindungan Manik  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Muhammad Iqbal  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Secara teoritis, stabilitas kapal katamaran lebih baik, tetapi muncul permasalahan lain yaitu hambatan. Hambatan kapal katamaran lebih kompleks karena efek interaksi komponen hambatan dengan gelombang laut pada lambung kapal. Hal tersebut mengakibatkan bertambahnya hambatan gelombang akibat hempasan badan kapal oleh gelombang laut. Dari permasalahan tersebut munculah percobaan untuk menambahkan centerbulb berbentuk foil pada kapal katamaran. Centerbulb berfungsi mengurangi hambatan gelombang yang terjadi pada lambung kapal katamaran. Analisa perhitungan hambatan total kapal katamaran dihitung menggunakan software CFD yaitu Tdyn 12.2.3.0 dan menggunakan variasi kecepatan (Fn = 0,15; Fn = 0,20; Fn = 0,25; Fn = 0,30; Fn = 0,35), dan posisi centerbulb. Hasilnya,  nilai hambatan total kapal pada Fn = 0,35  model original sebesar 2,06 N berkurang menjadi 1,37 N atau sebesar 34% pada konfigurasi model 6 atau posisi tengah secara memanjang kapal dan atas secara sarat kapal.
Fulltext View|Download
Keywords: Hambatan; Katamaran; Centerbulb; Foil; CFD
  1. Samuel. Iqbal.M and I.K.A.P Utama, “An Investigation Into The Resistance Components OF Converting A Traditional Monohull Fishing Vessel Into Catamaran Form,” Int. J. Technol., 2015
  2. Amriardi, Ulil. 2015. Analisa Hambatan Kapal Ikan Tradisional Catamaran di Perairan Cilacap Karena Perubahan Bentuk Lambung Dengan Pendekatan Lattice Boltzmann Method (LBM.)Skripsi Sarjana FT UNDIP Semarang :Vol.3,No.3, Juli 2015
  3. Adib, Grafian. 2015. Analisa Penambahan Centerbulb terhadap Hambatan Total Kapal Catamaran menggunakan Software Berbasis CFD.Skripsi Sarjana FT UNDIP Semarang :tidakditerbitkan
  4. Kurniawan, Asep 2016.Analisa Peningkatan Performa Hambatan Kapal Katamaran MV. Laganbar Menggunakan Centerbulb dan Bulbous Bow Dengan Metode Computational Fluid Dynamic (CFD).SkripsiSarjana FT UNDIP Semarang :tidakditerbitkan
  5. Adi, Prasetyo dan Amiadji. 2013. Analisa Penerapan Bulbous Bow pada Kapal Katamaran untuk Meningkatkan Efisisensi Pemakaian Bahan Bakar. Jurnal Teknik POMITS Vol. 3 No.1 Fakultas Teknologi Ilmu Kelautan – Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  6. Sobirin, Yusup. 2013. Analisa Pengaruh Variasi Bentuk Hull Terhadap Hambatan Total Kapal Catamaran untuk Penyeberangan di Kepulauan Seribu Dengan CFD. Skripsi Sarjana pada FT UNDIP Semarang :tidakditerbitkan
  7. D. B. Danışman, “Reduction of demi-hull wave interference resistance in fast displacement catamarans utilizing an optimized centerbulb concept,” Ocean Eng., vol. 91, pp. 227–234, 2014
  8. Couser, P R, Molland, A F, Armstrong N and Utama, I K A P. 1997. Calm Water Powering Predictions for High Speed Catamarans.Procs.Of International Conference on Fast Sea Transportation, FAST 1997, Sydney, 21-23 July
  9. Molland, A.F. 2008. A Guide to Ship Design, Construction and Operation. Butterworth - Heinemann : Elsevier
  10. Jamaluddin, A., et al., “Experimental and Numerical Study of the Resistance Component Interactions of Catamarans,” Proc. Inst. Mech. Eng. Part M J. Eng. Marit. Environ., vol. 227(1), pp. 51–60, 2012
  11. Molland, A.F., Wellicome, J.F., Couser, P.R. 1996. Resistance Experiments on a Systematic Series of High-Speed Displacement Catamaran Forms : Variations of Length-Displacement Ratio and Breadth-Draugh Ratio. Transaction RINA, 138A

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.