Analisa Kekuatan Struktur Helideck Pada Kapal Landing Ship Tank (Lst) KRI.Teluk Bintuni 7000 DWT Dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga

*Alief Hidayatulloh  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Imam Pujo Mulyatno  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Berlian Arswendo Adietya  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Helideck merupakan sebuah fasilitas di atas kapal yang berfungsi sebagai area landasan pendaratan untuk helikopter yang dibuat secara permanen menyatu dengan deck pada kapal. Karena fungsinya tersebut maka ketahanan struktur pendukungnya harus benar-benar kuat dan harus mampu menahan beban yang didapat ketika terjadi beban impact. Pada tugas akhir ini dilakukan analisa yang terjadi pada konstruksi helideck kapal landing ship tank (LST) KRI Teluk Bintuni. Hasil analisa yang didapat yaitu bertujuan untuk mengetahui kekuatan pada konstruksi helideck setelah mengalami beberapa macam kondisi pembebanan. Serta letak tegangan terbesar dari struktur konstruksinya. Dalam proses analisa menggunakan software Msc. Nastran Patran, didapatkan hasil tegangan maksimum untuk helideck nilai tegangan terbesar adalah pada helikopter Airbus H255M dengan landing condition sebesar  130 N/mm2 dan deformasi 8,75 mm pada daerah yang terkena dampak langsung pembebanan helikopter di TLOF. Dari hasil analisa kekuatan dinyatakan bahwa struktur helideck pada kapal LST Teluk Bintuni tersebut masih memenuhi safety factor LR.

 

Keywords: Helicopter Deck; Helideck; Deformasi; Landing ship tank; Finite Element

Article Metrics:

  1. Direktur Jendral Perhubungan Udara. 1997. Persyaratan Standard Teknis Operasional Helideck. Departemen perhubungan, Jakarta.
  2. US. Departement of Transportation, 2004. Heliport Design . USA
  3. American Petroleum Institute, 2000. Recommended Practice for Planning, Designing and Constructing Fixed Offshore Platforms-Working Stress Design. Washington, D.C :USA
  4. Lloyd’s Register Group, 2016. Rules and Regulations for the Classification of Ship, Part 3: Ship Structures. United Kingdom : Lloyd’s Register Group Limited Registered Office.
  5. Arfan, Sahid. 2013. Analisa Kekuatan Konstruksi Helideck Pada Konversi Kapal Tanker MT. GEUDONDONG Pertamina (PERSERO) Menjadi FPSO. Universitas Diponegoro, Semarang.
  6. PDHonline Course S164. 2012. Introduction to Structural Impact. Meadow Estates Drive, USA