Analisa Peningkatan Performa Hambatan Kapal Katamaran MV. Laganbar menggunakan Centerbulb dan Bulbous Bow dengan Metode Computation Fluid Dynamic (CFD)

*Asep Kurniawan Nugraha  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
S Samuel  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Muhammad Iqbal  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 1 Jan 2017.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Secara teoritis, stabilitas kapal katamaran lebih baik, tetapi muncul permasalahan lain yaitu hambatan. Hambatan katamaran lebih kompleks karena efek interaksi komponen hambatan dengan gelombang laut pada lambung kapal. Hal tersebut mengakibatkan bertambahnya hambatan gelombang akibat hempasan badan kapal oleh gelombang laut. Dari permasalahan tersebut munculah percobaan untuk menambahkan centerbulb dan bulbous bow pada kapal katamaran. Centerbulb dan bulbous bow berfungsi mengurangi hambatan gelombang yang terjadi pada lambung kapal katamaran. Analisa perhitungan hambatan total kapal katamaran dihitung menggunakan software CFD yaitu Tdyn 13.7.6.0 dan menggunakan variasi kecepatan (Fn = 0,28; Fn = 0,47; Fn = 0,65), penambahan dan posisi centerbulb serta jenis bulbous bow. Hasilnya, nilai hambatan total kapal terkecil terletak pada konfigurasi model 11 dengan Fn = 0,47 yaitu 3,45 kN mengurangi hambatan sebesar 29,33 %.

Keywords: Hambatan; Katamaran; Centerbulb; Bulbous Bow; CFD

Article Metrics:

  1. Adi, Prasetyo dan Amiadji. 2013. Analisa Penerapan Bulbous Bow pada Kapal Katamaran untuk Meningkatkan Efisisensi Pemakaian Bahan Bakar. Jurnal Teknik POMITS Vol. 3 No.1 Fakultas Teknologi Ilmu Kelautan – Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  2. Adib, Grafian. 2015. Analisa Penambahan Centerbulb terhadap Hambatan Total Kapal Catamaran menggunakan Software Berbasis CFD. Skripsi Sarjana FT UNDIP Semarang : tidak diterbitkan
  3. A. F. Molland, J. F. Wellicome, and P. R. Couser, “Resistance experiments on a systematic series of high speed displacement catamaran forms: variation of length-displacement ratio and breadth-draught ratio,” no. 127, 1994
  4. D. B. Danışman, “Reduction of demi-hull wave interference resistance in fast displacement catamarans utilizing an optimized centerbulb concept,” Ocean Eng., vol. 91, pp. 227–234, 2014
  5. D. B. Danisman, O Goren, M Insel, and M Altar. 2001. An Optimation Study for the Bow Form of High Speed Displacement Catamarans. Marine Technology 3 (2): 116–21
  6. Jamaluddin, A., et al., “Experimental and Numerical Study of the Resistance Component Interactions of Catamarans,” Proc. Inst. Mech. Eng. Part M J. Eng. Marit. Environ., vol. 227(1), pp. 51–60, 2012
  7. Kracht, Alfred M. 1978. Design of Bulbous Bows. SNAME Transactions vol 86 : 197-217
  8. Samuel. Iqbal. M and I.K.A.P Utama, “An Investigation Into The Resistance Components OF Converting A Traditional Monohull Fishing Vessel Into Catamaran Form,” Int. J. Technol., 2015