skip to main content

PENGARUH AUSTEMPERING TERHADAP BENTUK DAN UKURAN GRAFIT SERTA SIFAT TRIBOLOGIS BESI COR KELABU UNTUK KOMPONEN REM KERETA API

*Yusuf Umardani  -  Dosen Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Agrie F Mizan  -  Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Di indonesia sendiri komponen rem kereta logam masih diproduksi secara industri rumahan. Bahan baku yang digunakan adalah dengan memanfaatkan logam bekas. Dengan memanfaatkan logam bekas biaya produksi menjadi rendah. Namun disamping biaya produksi rendah.bahan baku barang bekas dapat menyebabkan mutu rem yang diproduksi menjadi rendah dikarenakan adanya unsur paduan pada logam barang bekas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mutu blok rem kereta api yang adadengan cara meningkatkan kekerasan serta meningkatkan ketahanan aus abrasif gesek pada roda kereta api. Untuk meningkatkan daya tahan rem kereta maka dapat dilakukan proses perlakuan panas. Sehingga produk rem dari bahan besi cor dapat ditingkatkan nilai ketangguhanya. Proses penelitian ini adalah dengan melakukan proses perlakuan panas Austemper terhadap spesimen besi cor untuk rem kereta untuk meningkatkan ketangguhanya terhadap beban gesek maupun tekan. Proses Austemper sendiri yaitu memanaskan spesimen gray iron hingga temperature austenite 900oC menggunakan furnance chamber  dengan frekuensi menengah dengan waktu 120 menit. Untuk kemudian dilakukan proses perlakuan Austemper yaitu dicelup pada salthbath dengan  larutan garam KNO3  dengan variasi penahanan temperatur pada temperature 375 oC dengan variasi  penahanan  waktu yang berbeda, Yaitu 30, 60, dan 60 menit. Sehingga dihasilkan peningkatan kekerasan sesuai dengan lama penahanan waktu penahanan Austemper.
Fulltext View|Download
Keywords: Austempering, Salth Bath, Besi cor Kelabu, Tahanan Aus, Blok Rem Kereta

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.