skip to main content

ANALISIS PENGARUH KONFIGURASI HYDROFOIL TERHADAP DINAMIKA FLUIDA KAPAL

*Zuhdi Riliant Kusuma  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Mochammad Ariyanto  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Mohammad Tauviqirrahman  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penggunaan hydrofoil pada kapal berkecepatan tinggi mampu meningkatkan efisiensi hidrodinamika dengan mengurangi hambatan total dan menghasilkan gaya angkat yang mengangkat lambung kapal. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh variasi konfigurasi hydrofoil—Conventional, Tandem, dan Canard—terhadap gaya angkat, gaya hambat, serta kebutuhan Effective Horse Power (EHP) menggunakan simulasi Computational Fluid Dynamics (CFD) berbasis ANSYS Fluent. Simulasi dilakukan pada kecepatan 10–50 knot dengan model turbulensi k–ω SST dan metode Volume of Fluid (VOF). Hasil simulasi menunjukkan konfigurasi Canard menghasilkan gaya angkat tertinggi yaitu 0,5992 N pada Froude Number 1,642, serta hambatan total terendah yaitu 0,1643 N. Konfigurasi ini mereduksi hambatan sebesar 37,56% dibandingkan kapal tanpa hydrofoil dan menghasilkan nilai EHP paling rendah yaitu 5745,07 HP pada kecepatan 50 knot. Konfigurasi Canard dinilai paling efisien dalam meningkatkan performa kapal cepat.

Fulltext View|Download
Keywords: cfd; drag force; effective horse power; hydrofoil; lift force
  1. L. Pernod, E. Navale, M. Sacher, B. Augier, P. Bot, and E. Navale, “Free-Surface Effects on Two-Dimensional Hydrofoils by RANS-VOF Simulations,” vol. 8, no. 1, pp. 24–38, 2025
  2. K. Akbari, H. Reza, and H. Ghassemi, “Investigation of front hydrofoil position influence on the hydrofoil-assisted craft,” Ocean Eng., vol. 304, no. April, p. 117901, 2024, doi: 10.1016/j.oceaneng.2024.117901
  3. L. Volt, “Hydrofoils Applications to Windsurfing,” pp. 1–86, 2016
  4. M. R. D. A. Kusuma, D. Chrismianto, and S. Jokosiworo, “Pengaruh Posisi Foil Terhadap Gaya Angkat Dan Hambatan Kapal Katamaran,” Kapal, vol. 14, no. 2, p. 58, 2017, doi: 10.14710/kpl.v14i2.16487
  5. R. A. D. I. Pangestu, P. Studi, T. Mesin, J. Teknik, M. Fakultas, and U. Malikussaleh, ANALISIS AERODINAMIKA BODY MOBIL LISTRIK DENGAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC ( CFD ) PADA VARIASI FRONTAL AREA DAN KECEPATAN ALIRAN UDARA MENGGUNAKAN SOFTWARE ANSYS. 2024
  6. P. M. Sforza, “Direct calculation of zero-lift drag coefficients and L/D max in subsonic cruise,” J. Aircr., vol. 57, no. 6, pp. 1224–1228, 2020, doi: 10.2514/1.C035717
  7. Z. Song, J. Zhu, and C. Wang, “Optimization of semi-active hydrofoil propulsion performance based on CFD Taguchi method and neural network,” Eur. J. Mech. B/Fluids, vol. 105, no. August 2023, pp. 327–337, 2024, doi: 10.1016/j.euromechflu.2024.02.005
  8. W. Sheng, “A revisit of Navier–Stokes equation,” Eur. J. Mech. B/Fluids, vol. 80, pp. 60–71, 2020, doi: 10.1016/j.euromechflu.2019.12.005
  9. U. of S. Anthony F. Molland, University of Southampton, Stephen R. Turnock, University of Southampton, Dominic A. Hudson, Ship resistance and propulsion. 2017
  10. P. Perali et al., “Performance prediction of a hydrofoil near the free surface using low ( BEM ) and high ( RANS ) fidelity methods,” Appl. Ocean Res., vol. 151, no. July, p. 104157, 2024, doi: 10.1016/j.apor.2024.104157

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.