BibTex Citation Data :
@article{JTM54279, author = {Da’i Sakti and Sri Nugroho and Rifky Ismail}, title = {ANALISIS KEGAGALAN PADA DISC BRAKE MOTOR MATIC 110 CC}, journal = {JURNAL TEKNIK MESIN}, volume = {13}, number = {4}, year = {2025}, keywords = {aisi 410; analisis kegagalan; disc brake; uji kekerasan; simulasi elemen hingga}, abstract = { Sistem pengereman merupakan salah satu bagian krusial dari kendaraan bermotor yang berperan untuk mengurangi kecepatan dan menghentikan pergerakan kendaraan. Disc brake banyak digunakan pada sepeda motor modern karena responsif dan memiliki kemampuan pembuangan panas yang baik, namun dapat mengalami kegagalan akibat faktor material, desain, atau beban berlebih. Penelitian ini menganalisis kegagalan Disc brake motor matic 110 cc melalui pengujian eksperimental dan simulasi numerik. Metode meliputi pengamatan visual (fraktografi), uji komposisi kimia (spektrometri), uji metalografi, uji kekerasan (Micro Vickers), serta simulasi elemen hingga dengan beban impact 8.000 N. Hasil menunjukkan material Disc brake merupakan baja tahan karat martensitik AISI 410 dengan struktur martensit dan sedikit karbida. Nilai kekerasan rata-rata 405 HV menunjukkan kekuatan sedang dan ketangguhan baik. Simulasi menghasilkan tegangan maksimum ±11.000 MPa, melebihi yield strength 1.225 MPa, menandakan kegagalan terjadi akibat beban kejut berlebih, bukan cacat material. }, issn = {2303-1972}, pages = {89--94} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/54279} }
Refworks Citation Data :
Sistem pengereman merupakan salah satu bagian krusial dari kendaraan bermotor yang berperan untuk mengurangi kecepatan dan menghentikan pergerakan kendaraan. Disc brake banyak digunakan pada sepeda motor modern karena responsif dan memiliki kemampuan pembuangan panas yang baik, namun dapat mengalami kegagalan akibat faktor material, desain, atau beban berlebih. Penelitian ini menganalisis kegagalan Disc brake motor matic 110 cc melalui pengujian eksperimental dan simulasi numerik. Metode meliputi pengamatan visual (fraktografi), uji komposisi kimia (spektrometri), uji metalografi, uji kekerasan (Micro Vickers), serta simulasi elemen hingga dengan beban impact 8.000 N. Hasil menunjukkan material Disc brake merupakan baja tahan karat martensitik AISI 410 dengan struktur martensit dan sedikit karbida. Nilai kekerasan rata-rata 405 HV menunjukkan kekuatan sedang dan ketangguhan baik. Simulasi menghasilkan tegangan maksimum ±11.000 MPa, melebihi yield strength 1.225 MPa, menandakan kegagalan terjadi akibat beban kejut berlebih, bukan cacat material.
Last update: