skip to main content

ANALISIS KEGAGALAN PADA DISC BRAKE MOTOR MATIC 110 CC

*Da’i Bima Sakti  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Sri Nugroho  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Rifky Ismail  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Sistem pengereman merupakan salah satu bagian krusial dari kendaraan bermotor yang berperan untuk mengurangi kecepatan dan menghentikan pergerakan kendaraan. Disc brake banyak digunakan pada sepeda motor modern karena responsif dan memiliki kemampuan pembuangan panas yang baik, namun dapat mengalami kegagalan akibat faktor material, desain, atau beban berlebih. Penelitian ini menganalisis kegagalan Disc brake motor matic 110 cc melalui pengujian eksperimental dan simulasi numerik. Metode meliputi pengamatan visual (fraktografi), uji komposisi kimia (spektrometri), uji metalografi, uji kekerasan (Micro Vickers), serta simulasi elemen hingga dengan beban impact 8.000 N. Hasil menunjukkan material Disc brake merupakan baja tahan karat martensitik AISI 410 dengan struktur martensit dan sedikit karbida. Nilai kekerasan rata-rata 405 HV menunjukkan kekuatan sedang dan ketangguhan baik. Simulasi menghasilkan tegangan maksimum ±11.000 MPa, melebihi yield strength 1.225 MPa, menandakan kegagalan terjadi akibat beban kejut berlebih, bukan cacat material.

Fulltext View|Download
Keywords: aisi 410; analisis kegagalan; disc brake; uji kekerasan; simulasi elemen hingga
  1. Rahman, M., & Shafie, S., 2020, “Analysis of Motorcycle Brake Failure”, Journal of Mechanical Engineering Research, 12(4), 156–167
  2. . Zuska, A., Kurczyński, D., & Jackowski, J. T., 2023, “Study of Loads Acting on the Load During the Sudden Braking of a Vehicle”, Applied Sciences, 13(3), 1559
  3. Fadli, M., Haris, A., & Yulianto, A., 2020, “Analisis Kinerja Sistem Pengereman Sepeda Motor”, Jurnal Teknik Mesin, 12(2), 45–56
  4. . Donald, J. W., 1999, “Understanding How Components Fail Second Edition”, ASM International, Materials Park, Ohio, USA
  5. . Callister Jr., William D., 2007, “Materials Science and Engineering”, 7th Edition, John Wiley & Sons, Inc., New York, USA
  6. . ASTM E384–99, 2002, “Standard Test Method for Microindentation Hardness of Materials”, ASTM
  7. International
  8. . ASTM International, 2019, “ASTM E399 – Standard Test Method for Linear-Elastic Plane Strain Fracture
  9. Toughness KIc of Metallic Materials”, ASTM International
  10. MatWeb, n.d., MatWeb – The Online Materials Information Resource, retrieved November 10, 2025,
  11. Kurniawan, A., & Setiawan, B., 2019, “Material Analysis of Motorcycle Brake Discs”, Indonesian Journal of Automotive Engineering, 4(1), 45–52

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.