skip to main content

ANALISIS KEGAGALAN TERMOMEKANIK TANGKI HIDROGEN KOMPOSIT BERBASIS KARBON-EPOKSI PADA TIGA FASE PENYIMPANAN HIDROGEN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

*Muhammad Rafli At Thariq  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Mohammad Tauviqirrahman  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Sulistyo Sulistyo  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Tangki hidrogen komposit bertekanan tinggi tipe V berbahan karbon-epoksi merupakan solusi yang efisien dan ringan dalam sistem penyimpanan energi untuk kendaraan berbahan bakar hidrogen. Namun, tantangan struktural signifikan muncul akibat kondisi ekstrem dari variasi fase penyimpanan, seperti fase gas bertekanan tinggi, fase cair bersuhu sangat rendah, dan fase gas kriogenik bertekanan. Ketiga fase ini menghasilkan beban termomekanik yang berbeda, yang dapat mempercepat terjadinya kerusakan mikrostruktur pada material komposit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi kegagalan struktural tangki tipe V akibat pengaruh simultan tekanan dan suhu, melalui pendekatan numerik berbasis metode elemen hingga. Simulasi diawali dengan proses validasi terhadap data referensi terdahulu, yang menunjukkan tingkat kesalahan relatif sebesar 5,91 persen terhadap nilai tegangan hoop, sehingga metode dinyatakan valid. Selanjutnya, dilakukan uji grid independence yang menghasilkan ukuran elemen optimal sebesar enam milimeter dengan deformasi minimum sebesar 0,55063 milimeter. Hasil simulasi variasi fase hidrogen menunjukkan bahwa fase gas bertekanan menghasilkan tegangan hoop tertinggi, yaitu sebesar 451,61 MPa, diikuti oleh fase kriogenik bertekanan sebesar 169,16 MPa, dan fase cair sebesar 125,7 MPa. Tekanan pecah tertinggi tercatat sebesar 32,25 MPa, dengan tekanan kerja maksimum sebesar 14,33 MPa berdasarkan faktor keamanan 2,25. Perbedaan karakteristik antar fase menunjukkan bahwa tekanan tinggi meningkatkan tegangan mekanik, sedangkan suhu ekstrem mempercepat degradasi termal resin komposit. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan desain tangki hidrogen yang lebih andal dan aman terhadap kondisi operasional ekstrem.

Fulltext View|Download
Keywords: metode elemen hingga; tangki hidrogen; tekanan ledak
  1. Wu D, Zhang Y, Chen M, Zhou Z, Wang Z. Research and development status of high-pressure hydrogen storage tanks: A review. Energy Storage and Saving. 2024;7:245–267. https://doi.org/10.1016/j.enss.2024.03.001
  2. Sraj I, Ekoto I. Thermal modeling of high-pressure hydrogen composite tanks under extreme fill conditions. Renewable Energy. 2024;240:122870. https://doi.org/10.1016/j.renene.2024.122870
  3. Ahluwalia RK, Peng JK, Hua TQ. Analysis of the performance of physical hydrogen storage systems for light-duty fuel cell vehicles. Journal of Composite Science. 2023;7(2):75. https://doi.org/10.3390/jcs7020075
  4. Dagdag HO, Kim H. Cryogenic impact on carbon fibre-reinforced epoxy composites for hydrogen storage vessels. Journal of Composite Science. 2024;8(11):459. https://doi.org/10.3390/jcs8110459
  5. Simmons KL, Johnson K, Gotthold D, Nguyen N. Materials challenges for cryogenic hydrogen storage technologies. DOE Hydrogen Fuel Cells Program Annual Report; 2019. West Richland, Washington
  6. Nguyen BN, Roh HS, Merkel DR, Johnson KI, Simmons KL. A multiscale modeling approach to cryo-compressed hydrogen storage pressure vessels – Part II: Constitutive modeling and finite element analysis. SAMPE neXus Proc; 2021. West Richland, Washington
  7. Takeuchi S. Evaluation of adhesive bonding structure in cryogenic composite tank and failure analysis. Journal of the Japan Society for Aeronautical and Space Sciences. 2009;52(175):36–46
  8. Khandelwal A, Lux S, Sattelmayer T. Numerical simulation of type IV high-pressure hydrogen tanks under fast filling. Journal of the International Association for Hydrogen Energy. 2019;44(49):26712–26. https://doi.org/10.1016/j.ijhydene.2019.08.001
  9. Zhang J, Fisher TS, Ramachandran PV, Gore JP, Mudawar I. A review of heat transfer issues in hydrogen storage technologies. Journal of Heat and Mass Transfer. 2005;127(12):1391–9. https://doi.org/10.1115/1.2098875
  10. Gentilleau B, Touchard F, Grandidier JC. Numerical study of influence of temperature and matrix cracking on type IV hydrogen high-pressure storage vessel behavior. Composite Structure. 2014;111:618–27. https://doi.org/10.1016/j.compstruct.2013.12.034

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.