BibTex Citation Data :
@article{JTM52586, author = {Harits Athif and Mohammad Tauviqirrahman and Budi Setiyana}, title = {ANALISIS THERMOELASTO-HYDRODYNAMIC PADA MULTILAYER GAS FOIL THRUST BEARING DENGAN VARIASI MATERIAL PELAPIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN FLUID STRUCTURE INTERACTION(FSI)}, journal = {JURNAL TEKNIK MESIN}, volume = {13}, number = {3}, year = {2025}, keywords = {analisis thermoelasto-hydrodynamic; material pelapis; multilayer gas foil thrust bearing; sifat tribologis; simulasi thermal-fluid-solid coupling}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis secara mendalam perilaku thermoelastohidrodinamik (TEHD) yang terjadi pada multilayer gas foil thrust bearing (GFTB) yang telah dilapisi dengan material polimer rekayasa yaitu polytetrafluoroethylene (PTFE) dan polyetheretherketone (PEEK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah simulasi berbasis interaksi struktur-fluida ( fluid-structure interaction ) tiga dimensi yang terintegrasi dengan metode thermal-fluid-solid coupling, guna menangkap keterkaitan kompleks antara domain termal, fluida, dan struktur. Simulasi dilakukan dalam kondisi operasi yang terkontrol, yaitu kecepatan putaran poros yang tetap, beban aksial kontinu, temperatur lingkungan konstan, serta ketebalan lapisan film gas yang diasumsikan seragam. Fokus utama dari analisis ini adalah mengkaji pengaruh variasi jenis material pelapis terhadap kapasitas daya dukung beban ( load carrying capacity ) dan karakteristik deformasi elastis yang terjadi pada struktur bantalan. Hasil studi menunjukkan bahwa penggunaan lapisan pelindung berbahan PTFE dan PEEK memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan performa kinerja bantalan, baik dari segi peningkatan kekakuan struktural maupun efisiensi dukungan beban, serta mampu menurunkan intensitas efek thermoelastohidrodinamik jika dibandingkan dengan konfigurasi bantalan tanpa pelapis. Penelitian ini memberikan wawasan yang berguna dalam pengembangan desain bantalan gas berlapis multilayer untuk aplikasi berkecepatan tinggi yang memerlukan stabilitas termomekanik dan sifat tribologis yang unggul. Kata kunci: }, issn = {2303-1972}, pages = {29--34} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/52586} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis secara mendalam perilaku thermoelastohidrodinamik (TEHD) yang terjadi pada multilayer gas foil thrust bearing (GFTB) yang telah dilapisi dengan material polimer rekayasa yaitu polytetrafluoroethylene (PTFE) dan polyetheretherketone (PEEK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah simulasi berbasis interaksi struktur-fluida (fluid-structure interaction) tiga dimensi yang terintegrasi dengan metode thermal-fluid-solid coupling, guna menangkap keterkaitan kompleks antara domain termal, fluida, dan struktur. Simulasi dilakukan dalam kondisi operasi yang terkontrol, yaitu kecepatan putaran poros yang tetap, beban aksial kontinu, temperatur lingkungan konstan, serta ketebalan lapisan film gas yang diasumsikan seragam. Fokus utama dari analisis ini adalah mengkaji pengaruh variasi jenis material pelapis terhadap kapasitas daya dukung beban (load carrying capacity) dan karakteristik deformasi elastis yang terjadi pada struktur bantalan. Hasil studi menunjukkan bahwa penggunaan lapisan pelindung berbahan PTFE dan PEEK memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan performa kinerja bantalan, baik dari segi peningkatan kekakuan struktural maupun efisiensi dukungan beban, serta mampu menurunkan intensitas efek thermoelastohidrodinamik jika dibandingkan dengan konfigurasi bantalan tanpa pelapis. Penelitian ini memberikan wawasan yang berguna dalam pengembangan desain bantalan gas berlapis multilayer untuk aplikasi berkecepatan tinggi yang memerlukan stabilitas termomekanik dan sifat tribologis yang unggul.
Last update: