skip to main content

QUANTITATIVE RISK ASSESSMENT (QRA) PADA HYDROGEN REFUELING STATION MENGGUNAKAN SOFTWARE HYRAM+ 5.0

*Hakan Syukur Allatif  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Budi Setiyana  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Muchammad Muchammad  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Perkembangan energi terbarukan semakin mendorong penggunaan hidrogen sebagai alternatif bahan bakar bersih. Hydrogen Refueling Station (HRS) menjadi infrastruktur vital dalam mendukung distribusi hidrogen untuk kendaraan bermotor. Namun, hidrogen memiliki karakteristik yang sangat mudah terbakar dan mudah meledak, sehingga diperlukan analisis risiko yang komprehensif terhadap sistem HRS. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis Quantitative Risk Assessment (QRA) pada desain HRS menggunakan perangkat lunak HyRAM+ versi 5.0. Studi ini mencakup validasi model nozzle teoritis (Brich, Brich 2, Ewan, Molkov, dan Otugen), pemodelan sistem fisik HRS berdasarkan data komponen dan layout, serta simulasi risiko pada tiga variasi tekanan (500, 700, dan 900 bar) dengan rentang temperatur 100–300°C. Parameter risiko yang dianalisis mencakup Potential Loss of Life (PLL), Fatal Accident Rate (FAR), dan Average Individual Risk (AIR). Hasil simulasi menunjukkan bahwa peningkatan tekanan secara langsung meningkatkan tingkat risiko keselamatan. Nilai PLL tertinggi mencapai 7,05×10⁻⁵ pada tekanan 900 bar, dengan nilai FAR sebesar 0,305 dan AIR mencapai 0,0007. Lokasi dengan risiko tertinggi ditemukan di area penyimpanan dan pengisian. Model Ewan memberikan hasil dispersi maksimum, sedangkan Brich dan Otugen menunjukkan nilai simulasi paling akurat terhadap data jurnal. Penelitian ini menunjukkan bahwa QRA berbasis HyRAM+ dapat memberikan pendekatan sistematis dalam menilai dan merancang sistem HRS yang lebih aman. Temuan ini diharapkan menjadi referensi awal untuk pengembangan HRS di Indonesia secara komprehensif, terutama dalam aspek desain mitigasi dan perencanaan zona aman berbasis data risiko kuantitatif.

Fulltext View|Download
Keywords: average individual risk; fatal accident rate; hydrogen refueling station; potential loss of life; quantitative risk assessment
  1. Omenu T. Global Carbon Emissions from Fossil Fuels. J Environ Sustain. 2024;12(1):1–9
  2. Jana D. Emisi Karbon dan Polusi Kendaraan. Jurnal Teknik Lingkungan. 2024;10(2):13–20
  3. Wakhidatul M. Kecelakaan Lalu Lintas dan Emisi. TekMesin. 2021;6(3):12–18
  4. Tarigan H. Energi Alternatif dan Hidrogen. J Energi Terbarukan. 2020;8(1):21–27
  5. Rahayu P. Aplikasi Hidrogen dalam Transportasi. JTM. 2011;3(3):55–60
  6. Sofyan R. Karakteristik Hidrogen. Jurnal Kimia Dasar. 2021;2(2):88–92
  7. Gómez A, Santos M. Global Hydrogen Vehicle Data. Renew Sustain Energy. 2023;67(5):101–109
  8. Molina A, et al. Hydrogen Refueling Station Safety. Int J Hydrogen Energy. 2024;49(2):277–285
  9. PLN. PT PLN Resmikan Stasiun Pengisian Hidrogen di Senayan. Press Release PLN; 2024
  10. Martin P. Asia Hydrogen Station Growth. Hydrogen Insight. 2024;5(4):22–27
  11. Groth KM, Hecht ES. Hydrogen Risk Assessment Models. Sandia National Labs; 2016

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.