BibTex Citation Data :
@article{JTM52793, author = {Zidane Sanusi and Sulistyo Sulistyo and Mohammad Tauviqirrahman}, title = {ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR TANGKI HYDROGEN TIPE 2 DENGAN TEKANAN KERJA 20MPA MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA}, journal = {JURNAL TEKNIK MESIN}, volume = {13}, number = {3}, year = {2025}, keywords = {aisi 1045; faktor keamanan; fem, hidrogen; tangki tipe ii; tegangan von-mises}, abstract = { Analisis kekuatan struktur pada tangki hydrogen tipe 2 dengan tekanan kerja 20 MPa dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode elemen hingga (Finite Element Method, FEM). Tangki tipe 2 ini memiliki liner berbahan baja karbon AISI 1045 dan selimut komposit dari serat karbon yang direkatkan dengan resin epoxy, yang berperan dalam menahan tekanan tinggi gas hydrogen. Pemodelan numerik dilakukan untuk mengevaluasi distribusi tegangan, deformasi, dan potensi titik kegagalan pada tangki akibat tekanan internal. Hasil simulasi FEM menunjukkan bahwa kombinasi material AISI 1045 dan carbon fiber epoxy memberikan kekuatan struktural yang memadai untuk tekanan kerja yang ditetapkan, dengan distribusi tegangan yang relatif merata dan deformasi yang masih dalam batas aman. Penelitian ini menegaskan kemampuan metode elemen hingga dalam mengkaji keamanan dan performa tangki hydrogen tipe 2 dengan pengaruh material komposit modern sebagai penguat. }, issn = {2303-1972}, pages = {139--146} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/52793} }
Refworks Citation Data :
Analisis kekuatan struktur pada tangki hydrogen tipe 2 dengan tekanan kerja 20 MPa dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode elemen hingga (Finite Element Method, FEM). Tangki tipe 2 ini memiliki liner berbahan baja karbon AISI 1045 dan selimut komposit dari serat karbon yang direkatkan dengan resin epoxy, yang berperan dalam menahan tekanan tinggi gas hydrogen. Pemodelan numerik dilakukan untuk mengevaluasi distribusi tegangan, deformasi, dan potensi titik kegagalan pada tangki akibat tekanan internal. Hasil simulasi FEM menunjukkan bahwa kombinasi material AISI 1045 dan carbon fiber epoxy memberikan kekuatan struktural yang memadai untuk tekanan kerja yang ditetapkan, dengan distribusi tegangan yang relatif merata dan deformasi yang masih dalam batas aman. Penelitian ini menegaskan kemampuan metode elemen hingga dalam mengkaji keamanan dan performa tangki hydrogen tipe 2 dengan pengaruh material komposit modern sebagai penguat.
Last update: