BibTex Citation Data :
@article{JTM52776, author = {Muhammad Tamzil and Gunawan Haryadi and Yusuf Umardani}, title = {ANALISIS KEANDALAN KOMPONEN BATTERY PADA MEDIUM EV BUS MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY BLOCK DIAGRAM DAN FAULT TREE ANALYSIS}, journal = {JURNAL TEKNIK MESIN}, volume = {13}, number = {3}, year = {2025}, keywords = {bus listrik; emisi karbon; fault tree analysis; keandalan; reliability block diagram; risk-based inspection; sistem baterai}, abstract = { Transisi menuju elektrifikasi transportasi publik, khususnya bus listrik, menjadi langkah penting dalam upaya mengurangi emisi gas rumah kaca dan meningkatkan keberlanjutan lingkungan di perkotaan. Penelitian ini menggabungkan tiga metode utama, yaitu Reliability Block Diagram (RBD), Fault Tree Analysis (FTA), dan Risk-Based Inspection (RBI) untuk menganalisis keandalan sistem baterai pada bus listrik medium. RBD digunakan untuk memodelkan keandalan komponen utama dalam Battery Management System (BMS), sementara FTA membantu mengidentifikasi penyebab kegagalan potensial, seperti kecacatan pada baterai. RBI, yang mengutamakan inspeksi berbasis probabilitas kegagalan (PoF), digunakan untuk memprioritaskan komponen yang perlu diperiksa lebih sering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen dengan PoF tinggi, seperti fuse dan relay serta sistem pendingin, membutuhkan inspeksi lebih sering untuk mencegah kegagalan kritis. Pendekatan ini membantu mengoptimalkan biaya pemeliharaan, meningkatkan efisiensi operasional, dan mendukung keberlanjutan sistem baterai pada bus listrik. }, issn = {2303-1972}, pages = {113--118} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/52776} }
Refworks Citation Data :
Transisi menuju elektrifikasi transportasi publik, khususnya bus listrik, menjadi langkah penting dalam upaya mengurangi emisi gas rumah kaca dan meningkatkan keberlanjutan lingkungan di perkotaan. Penelitian ini menggabungkan tiga metode utama, yaitu Reliability Block Diagram (RBD), Fault Tree Analysis (FTA), dan Risk-Based Inspection (RBI) untuk menganalisis keandalan sistem baterai pada bus listrik medium. RBD digunakan untuk memodelkan keandalan komponen utama dalam Battery Management System (BMS), sementara FTA membantu mengidentifikasi penyebab kegagalan potensial, seperti kecacatan pada baterai. RBI, yang mengutamakan inspeksi berbasis probabilitas kegagalan (PoF), digunakan untuk memprioritaskan komponen yang perlu diperiksa lebih sering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen dengan PoF tinggi, seperti fuse dan relay serta sistem pendingin, membutuhkan inspeksi lebih sering untuk mencegah kegagalan kritis. Pendekatan ini membantu mengoptimalkan biaya pemeliharaan, meningkatkan efisiensi operasional, dan mendukung keberlanjutan sistem baterai pada bus listrik.
Last update: