skip to main content

ANALISIS KARAKTERISTIK MOTOR BAKAR TORAK 4 LANGKAH DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR RON 90

Ghifari Iswandito Dermawan  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
*Muchammad Muchammad  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Khoiri Rozi  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Internal combustion engine (ICE) adalah sebuah mesin yang bekerja dengan cara merubah energi kimia menjadi energi mekanik melalui proses pembakaran bahan bakar fosil. Pada mesin ini siklus daya dan siklus pembakaran terjadi didalam satu sistem. Salah satu jenis ICE yang paling banyak digunakan adalah mesin bakar torak 4-langkah (4-stroke internal combustion engine), yang bekerja pada prinsip siklus Otto (Otto Cycle). Proses kerja mesin bakar torak 4-langkah dapat dijelaskan melalui diagram proses siklus Otto. Mesin bakar torak 4-langkah memiliki sebuah karakteristik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik daya, torsi, efisiensi termal, dan konsumsi bahan bakar spesifik pada mesin bakar torak 4-langkah. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi langsung menggunakan mesin uji yang dihubungkan dengan sebuah dinamometer yang digunakan untuk melakukan pengukuran terhadap berbeapa parameter kinerja mesin seperti torsi, daya dan putaran mesin. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan perangkat lunak untuk mendapatkan karakteristik performa mesin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum performa mesin bensin memiliki karakteristik kenaikan yang melandai sepanjang putarannya hingga mencapai puncaknya pada putaran tinggi sebelum mengalami penurunan. Karakteristik konsumsi bahan bakar spesifik mesin ICE menunjukkan nilai yang baik pada putaran menengah, sementara itu karaktersitik efisiensi termal mesin ICE menunjukkan nilai yang tinggi pada putaran mesin menengah.

Fulltext View|Download
Keywords: bensin; ice; karakteristik; otto
  1. Yang, X., & Pei, X. (2022). Hybrid system for powering unmanned aerial vehicles: Demonstration and study cases. In Hybrid Technologies for Power Generation (pp. 439–473). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-823793-9.00014-0
  2. Pischinger, S., Schönfelder, C., & Ogrzewalla, J. (2006). Analysis of dynamic requirements for fuel cell systems for vehicle applications. Journal of Power Sources, 154(2), 420–427. https://doi.org/10.1016/j.jpowsour.2005.10.037
  3. Cummins, C. L., & Jr. (1993). Diesel’s engine: From conception to 1918 v. 1. Society of Automotive Engineers
  4. Heywood, J. (2018). Internal combustion engine fundamentals (2nd ed.). McGraw-Hill Education
  5. Balmer, R. T. (2014). Modern engineering thermodynamics - textbook with tables booklet. Academic Press
  6. Moran, M. J., Shapiro, H. N., Boettner, D. D., & Bailey, M. B. (2014). Fundamentals of engineering thermodynamics. John Wiley & Sons
  7. Pulkrabek, W. W. (2003). Engineering fundamentals of the internal combustion engine (2nd ed.). Pearson
  8. Vulimiri, S. v., Pratt, M. M., Kulkarni, S., Beedanagari, S., & Mahadevan, B. (2017). Reproductive and Developmental Toxicity of Solvents and Gases. In Reproductive and Developmental Toxicology (pp. 379–396). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-804239-7.00021-4
  9. Liu, C., Zhang, Z., Ren, P., Wei, Y., Jia, B., Zuo, Z., Wang, W., & Feng, H. (2024). Application of semi-direct fuel injection system to free piston engine generator for better performance: Simulation approach with validation results. Energy, 298. https://doi.org/10.1016/j.energy.2024.131362
  10. Stauffer, E., Dolan, J. A., & Newman, R. (2008). Flammable and Combustible Liquids. In Fire Debris Analysis (pp. 199–233). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-012663971-1.50011-7
  11. Martyr, A. J., & Rogers, D. R. (2021). Dynamometers: the measurement and control of torque, speed, and power. In Engine Testing (pp. 235–263). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-821226-4.00009-7

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.