slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
ANALISIS TEGANGAN FRICTION BLOCK KERETA API CEPAT DENGAN BENTUK CIRCULAR MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD JURNAL TEKNIK MESIN S-1 | Pangestu | JURNAL TEKNIK MESIN skip to main content

ANALISIS TEGANGAN FRICTION BLOCK KERETA API CEPAT DENGAN BENTUK CIRCULAR MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD JURNAL TEKNIK MESIN S-1

*Aldian Dwi Pangestu  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ojo Kurdi  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Achmad Widodo  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Analisis tegangan pada friction block kereta api kecepatan tinggi dilakukan menggunakan Finite Element Method, baik dalam kondisi statik maupun transient. Studi ini memberikan wawasan penting untuk pengembangan dan keamanan sistem pengereman kereta api kecepatan tinggi. Simulasi statik menunjukkan deformasi keseluruhan yang aman, namun ujung atas friction block mencapai batas deformasi maksimum 0,39131 mm, berpotensi menyebabkan kerusakan struktural. Shear stress secara umum memadai dan memberikan hasil yang optimal. Safety factor secara umum memadai, kecuali pada dekat permukaan ass disc brake. Simulasi thermal statik menunjukkan peningkatan temperatur pada bagian bawah disc brake hingga 24,99℃, sementara disc brake mengalami penurunan yang tidak signifikan. Simulasi transient dengan kondisi berputar mengungkapkan deformasi minimum pada friction block, tetapi disc brake mencapai deformasi maksimum, menandakan batas elastisitas tercapai. Shear stress menunjukkan nilai yang optimal, namun perlu perhatian pada area disekitar permukaan ass disc brake. Safety factor menunjukkan keamanan struktural keseluruhan, tetapi perlu perhatian terhadap deformasi maksimum pada disc brake. Simulasi thermal transient menunjukkan peningkatan temperatur di sekitar ass disc brake, tetapi friction block tetap pada temperatur minimum.

Fulltext View|Download
Keywords: finite element method; friction block; sistem pengereman; tegangan
  1. Peraturan Presiden Indonesia, 2020
  2. Liu, J., Li, Y. F., & Zio, E. (2017). A SVM framework for fault detection of the braking system in a high speed train. Mechanical Systems and Signal Processing, 87, 401-409
  3. Li, J., Li, Jiao P., Lv, B., Chen B., & Gu, L. (2013). Development of cast steel for brake disc of high-speed train. In Applied Mechanics and Materials Vol. 419, pp. 370-375. Trans Tech Publications Ltd
  4. Xiang, Z., Mo, J., Ouyang, H., Massi, F., Tang, B., Zhou, Z., (2020). Contact Behaviour and Vibrational Response of a High-Speed Train Brake Friction Block. Wear Vol. 152
  5. Jasmani E. (2006). Analisis Perubahan Ketebalan Pada Komponen Produk Deep Drawing dengan Metode Numerik dan Metode Elemen Hingga Menggunakan Software Abaqus 6.5-1. Skripsi. Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Surakarta
  6. Sugiharta, A. (2014). Pengertian Rem Cakram. Repository, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  7. Pytel, A., dan Singer, F. (1995). Strength of Materials. 4th ed. Harpercollins College Div; Subsequent edition
  8. Bagci, E. (2009). Reverse Engineering Applications for Recovery of Broken or Worn Parts and Re- manufacturing: Three case studies. Advances in Engineering Software, 40, pp. 407–418
  9. Ansys Mechanical Finite Element Analysis (FEA) Software for Structural Engineering. Diakses di ansys.com (tanggal akses 28/09/2023)
  10. Jasmani E. (2006). Analisis Perubahan Ketebalan Pada Komponen Produk Deep Drawing dengan Metode Numerik dan Metode Elemen Hingga Menggunakan Software Abaqus 6.5-1. Skripsi. Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Surakarta

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.