skip to main content

ANALISIS PENGARUH SUSPENSI TERHADAP PERFORMA PENGEREMAN MOBIL SEDAN MENGGUNAKAN ALTAIR MOTIONVIEW

*Farrel Theodore Kusuma Negara  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ismoyo Haryanto  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Toni Prahasto  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Sistem suspensi berperan penting untuk suatu kendaraan. Sistem suspensi berfungsi untuk meningkatkan kemampuan pengendalian dan stabilitas kendaraan. Kemampuan pengendalian, pengereman, dan kenyamanan berkendara untuk mobil penumpang harus diperhatikan. Suatu sistem suspensi diharapkan dapat memberikan kemampuan peredaman kejut yang baik namun tidak mengakibatkan performa pengendalian kendaraan yang buruk. Selain kenyamanan, keamanan suatu berkendara juga perlu diperhatikan. Agar dapat meningkatkan keamanan, maka suatu sistem yang bergerak harus memiliki sistem pengereman. sistem pengereman yang baik harus dapat mencegah terjadi kondisi locking pada roda agar dapat meminimalisir potensi kecelakaan yang diakibatkan oleh gaya pengereman yang terlalu besar. Artikel ilmiah ini menyajikan analisis pengaruh suspensi terhadap performa pengereman mobil sedan pada lintasan lurus dan selama cornering. Pemodelan kendaraan yang akan diuji dilakukan dengan menggunakan aplikasi Altair Motionview 2021. Mobil yang digunakan dalam penelitian Tugas Akhir ini adalah Mitsubishi Lancer tahun 2008. Penelitian ini dilakukan dengan dua kasus pengujian yaitu pengujian pengereman pada lintasan lurus dan brake in turn test. Pengereman dilakukan dari kecepatan 30 km/h dan 60km/h. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk penelitian mengenai sistem suspensi kedepannya.

Fulltext View|Download
Keywords: brake in turn test; mitsubishi lancer; pengereman pada lintasan lurus; sistem pengereman; sistem suspensi
  1. Rankinen, A., Ikonen, E., dan Liedes, T. (2018). Validation of a Nonlinear Two-dimensional MacPherson Suspension System Model with Multibody Simulations. IEEE/ASME International Conference on Mechatronic and Embedded Systems and Applications (MESA). DOI: 10.1109/MESA.2018.8449167
  2. Yu, M., Evangelou, S. A., dan Dini, D. Chassis Leveling Control with Parallel Active Link Suspension. IEEE Transactions on Control Systems Technology, Vol 30(5)
  3. Singh, N. (2013). General Review of Mechanical Spring Used in Automobiles Supension System. International Journal of Advanced Engineering Research and Studies
  4. Day, A. (2014). Braking of Road Vehicles. Butterworth-Heinemann
  5. Miller, S. L., et. al. (2001). Calculating Wheel Slip and Tire Parameters Using GPS Velocity. Proceedings of the American Control Conference
  6. MotorTrend. (2023). 2008 Mitsubishi Lancer. https://www.motortrend.com/cars/mitsubishi/lancer/2008/
  7. Rostami, H. T., et. al. (2023). Investigatioin of Tire Stiffness and Damping Coefficients Effects on Automobile Suspension System. Proc IMechE Part D: J Automobile Engineering. DOI: 10.1177/09544070231151860
  8. ISO. (2006). ISO 7975 Passenger cars -Braking in a Turn- Open-loop test method. ISO copyright office
  9. Jaiswal, M., et. al. (2009). Influence of Tyre Transience on Anti-Lock Braking. Proc. IMechE Vol.224. DOI: 10.1243/14644193JMBD22
  10. Abe, M. (2009). Vehicle Handling Dynamics. Butterworth-Heinemann

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.