BibTex Citation Data :
@article{JTM42868, author = {Farrel Negara and Ismoyo Haryanto and Toni Prahasto}, title = {ANALISIS PENGARUH SUSPENSI TERHADAP PERFORMA PENGEREMAN MOBIL SEDAN MENGGUNAKAN ALTAIR MOTIONVIEW}, journal = {JURNAL TEKNIK MESIN}, volume = {12}, number = {1}, year = {2024}, keywords = {brake in turn test; mitsubishi lancer; pengereman pada lintasan lurus; sistem pengereman; sistem suspensi}, abstract = { Sistem suspensi berperan penting untuk suatu kendaraan. Sistem suspensi berfungsi untuk meningkatkan kemampuan pengendalian dan stabilitas kendaraan. Kemampuan pengendalian, pengereman, dan kenyamanan berkendara untuk mobil penumpang harus diperhatikan. Suatu sistem suspensi diharapkan dapat memberikan kemampuan peredaman kejut yang baik namun tidak mengakibatkan performa pengendalian kendaraan yang buruk. Selain kenyamanan, keamanan suatu berkendara juga perlu diperhatikan. Agar dapat meningkatkan keamanan, maka suatu sistem yang bergerak harus memiliki sistem pengereman. sistem pengereman yang baik harus dapat mencegah terjadi kondisi locking pada roda agar dapat meminimalisir potensi kecelakaan yang diakibatkan oleh gaya pengereman yang terlalu besar. Artikel ilmiah ini menyajikan analisis pengaruh suspensi terhadap performa pengereman mobil sedan pada lintasan lurus dan selama cornering . Pemodelan kendaraan yang akan diuji dilakukan dengan menggunakan aplikasi Altair Motionview 2021. Mobil yang digunakan dalam penelitian Tugas Akhir ini adalah Mitsubishi Lancer tahun 2008. Penelitian ini dilakukan dengan dua kasus pengujian yaitu pengujian pengereman pada lintasan lurus dan brake in turn test . Pengereman dilakukan dari kecepatan 30 km/h dan 60km/h. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk penelitian mengenai sistem suspensi kedepannya. }, issn = {2303-1972}, pages = {99--110} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/42868} }
Refworks Citation Data :
Sistem suspensi berperan penting untuk suatu kendaraan. Sistem suspensi berfungsi untuk meningkatkan kemampuan pengendalian dan stabilitas kendaraan. Kemampuan pengendalian, pengereman, dan kenyamanan berkendara untuk mobil penumpang harus diperhatikan. Suatu sistem suspensi diharapkan dapat memberikan kemampuan peredaman kejut yang baik namun tidak mengakibatkan performa pengendalian kendaraan yang buruk. Selain kenyamanan, keamanan suatu berkendara juga perlu diperhatikan. Agar dapat meningkatkan keamanan, maka suatu sistem yang bergerak harus memiliki sistem pengereman. sistem pengereman yang baik harus dapat mencegah terjadi kondisi locking pada roda agar dapat meminimalisir potensi kecelakaan yang diakibatkan oleh gaya pengereman yang terlalu besar. Artikel ilmiah ini menyajikan analisis pengaruh suspensi terhadap performa pengereman mobil sedan pada lintasan lurus dan selama cornering. Pemodelan kendaraan yang akan diuji dilakukan dengan menggunakan aplikasi Altair Motionview 2021. Mobil yang digunakan dalam penelitian Tugas Akhir ini adalah Mitsubishi Lancer tahun 2008. Penelitian ini dilakukan dengan dua kasus pengujian yaitu pengujian pengereman pada lintasan lurus dan brake in turn test. Pengereman dilakukan dari kecepatan 30 km/h dan 60km/h. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk penelitian mengenai sistem suspensi kedepannya.
Last update: