BibTex Citation Data :
@article{JTM41869, author = {Dionysius Kristiyanto and Achmad Widodo and Ojo Kurdi}, title = {ANALISIS DEFORMASI DAN TEGANGAN PADA FRICTION BLOCK KERETA API CEPAT DENGAN BENTUK HEPTAGON MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD}, journal = {JURNAL TEKNIK MESIN}, volume = {11}, number = {4}, year = {2023}, keywords = {kereta api cepat; rem; tegangan ekuivalen; total deformasi}, abstract = { Kereta api berkecepatan tinggi, dirancang untuk kecepatan, efisiensi, penghematan energi, keamanan dan kenyamanan, memberi vitalitas pada transportasi kereta api tradisional. Transportasi kereta api telah memasuki era kecepatan tinggi. Rem merupakan komponen penting yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju kereta api. Prinsip kerja dari rem yaitu adanya gesekan antara piringan dengan kampas rem pada saat kedua komponen ini berkontak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui total deformasi dan tegangan ekuivalen yang terjadi pada friction block kereta api cepat menggunakan metode elemen hingga. Dalam penelitian ini terdapat dua alat penting untuk menjalankan penelitian ini. Pertama adalah perangkat lunak ( software ) yang menjadi alat utama untuk menjalankan penelitian ini, Kedua adalah perangkat keras ( hardware ) yang menjalankan parangkat lunak yaitu komputer. Penelitian ini menggunaan friction block berbentuk heptagon dengan variasi sudut pemasangan 0 o , 15 o , 30 o , 45 o . Hasil dari simulasi menunjukan keausan di tepi depan dekat dengan friction block . Hasil total deformasi untuk sudut 0 o adalah 0,00046 mm, sudut 15 o adalah 0,00035 mm, sedangkan untuk sudut 30 o adalah 0,00040 mm, dan untuk sudut 45 o adalah 0,00036 mm. Hasil dari simulasi menunjukan nilai tegangan ekuivalen untuk sudut 0 o adalah 1,48 MPa. sudut 15 o adalah 1,33 MPa, sedangkan sudut 30 o adalah 1,40 MPa, dan untuk sudut 45 o adalah 1,35 MPa.}, issn = {2303-1972}, pages = {215--218} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/41869} }
Refworks Citation Data :
Kereta api berkecepatan tinggi, dirancang untuk kecepatan, efisiensi, penghematan energi, keamanan dan kenyamanan, memberi vitalitas pada transportasi kereta api tradisional. Transportasi kereta api telah memasuki era kecepatan tinggi. Rem merupakan komponen penting yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju kereta api. Prinsip kerja dari rem yaitu adanya gesekan antara
Last update: