skip to main content

ANALISIS GETARAN PADA FRICTION BLOCK KERETA API CEPAT DENGAN BENTUK HEPTAGON MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD

*Dhenada Dhyo Suganda  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Achmad Widodo  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ojo Kurdi  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik getaran Friction block kereta api berkecepatan tinggi heptagonal dengan metode elemen hingga(FEM). Getaran pada Friction block merupakan faktor penting yang mempengaruhi keamanan , kenyamanan dan lamanya umur sistem pengereman kereta api . Memahami pola getaran dan respon dinamis dari blok gesekan sangat penting untuk merancang sistem pengereman yang efektif yang mencegah potensi kerusakan struktural dan meningkatkan pengalaman penumpang. Metode FEM digunakan untuk membangun model numerik dari blok gesekan berbentuk heptagonal dan untuk mensimulasikan respon dinamis terhadap beban pengereman. Variabel seperti kecepatan kereta api, tekanan rem, karakteristik bahan gesekan balok dan bentuk heptagonal dimasukkan dalam simulasi untuk menganalisa pengaruh terhadap getaran. Hasil simulasi memberikan gambaran tentang modus getaran utama , frekuensi alami , dan perpindahan relatif dari berbagai bagian balok gesek . Hasil utama dari penelitian ini mencakup pemahaman yang lebih mendalam tentang karakteristik getaran dari balok gesek heptagonal serta faktor - faktor yang mempengaruhinya . Penemuan ini berpotensi memandu perancangan sistem rem yang mampu meredam getaran berlebih, meningkatkan kenyamanan penumpang, dan mengurangi risiko kegagalan rem. Mengutip Fazilet Cinarlp, pakar teknik mesin: "Analisis getaran pintu menuju respon dunia terhadap struktur dinamik. Memahami getaran merupakan langkah penting dalam merancang sistem yang aman, andal, dan efisien."

Fulltext View|Download
Keywords: fem; friction block; vibration
  1. Xiang, Z., Mo, J., Qian, H., Zhu, S., Chen, W., Du, L., (2021). The Effect Of The Friction block Installation Direction On The Tribological Behavior And Vibrational Response Of The High-Speed Train Brake Interface. Wear Pp.484-485
  2. Zhou, L., Yu, X., Huo, M., dan Yu, X. (2021). Research on High-Speed Railway Freight Train Organization Method considering Different Transportation Product Demands. Mathematical Problem in Engineering
  3. Ansys Mechanical Finite Element Analysis (FEA) Software for Structural Engineering. Diakses di ansys.com (tanggal akses 04/10/2023)
  4. Chen, W., Lu, G., Shi, X., Zhang, J., dan Yang, Z. (2022). Effect of Ni3Al Matrix Bio-Inspired Shell-Like Composite Surface Structure on Interfacial Tribological Behaviours. Tribology International Vol. 170
  5. Elhafid, M. (2014). Pengaruh Bahan Kampas Rem terhadap Respon Getaran pada Sistem Rem Cakram. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  6. Grzes, P., Kuciej, M. (2023). Coupled Thermomechanical FE Model of A Railway Disc Brake For Friction Material Wear Calculations. Wear Vol. 530-531
  7. He, J., & Fu, Z.-F. (2001). Overview Of Modal Analysis. Modal Analysis, 1–11. doi: 10.1016/b978-075065079-3/50001-2
  8. Kazerooni, S., Kaymak, Y., Cessa, R., Feng, N., Zhou, M., Zhang, T. (2017). Optimal Positioning Of Ground Base Stations In Free-Space Optical Communications For High-Speed Trains. IEEE Transactions on Intelligent Transportation Systems
  9. Peng, T., Yan, Q., Zhang, X., Zhuang, Y. (2020). Role Of Titanium Carbide And Alumina On The Friction Increment For Cu-Based Metallic Brake Pads Under Different Initial Braking Speeds. Frict. Pp. 1–15
  10. Wu, Y., Tang, B., Xiang, Z., Qian, H., Mo, J., Zhou, Z. (2021). Brake Squeal Of A Highspeed Train For Different Friction block Configurations, Appl. Acoust. 171 107540

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.