BibTex Citation Data :
@article{JTM41868, author = {Dhenada Suganda and Achmad Widodo and Ojo Kurdi}, title = {ANALISIS GETARAN PADA FRICTION BLOCK KERETA API CEPAT DENGAN BENTUK HEPTAGON MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD}, journal = {JURNAL TEKNIK MESIN}, volume = {11}, number = {4}, year = {2023}, keywords = {fem; friction block; vibration}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik getaran Friction block kereta api berkecepatan tinggi heptagonal dengan metode elemen hingga(FEM). Getaran pada Friction block merupakan faktor penting yang mempengaruhi keamanan , kenyamanan dan lamanya umur sistem pengereman kereta api . Memahami pola getaran dan respon dinamis dari blok gesekan sangat penting untuk merancang sistem pengereman yang efektif yang mencegah potensi kerusakan struktural dan meningkatkan pengalaman penumpang. Metode FEM digunakan untuk membangun model numerik dari blok gesekan berbentuk heptagonal dan untuk mensimulasikan respon dinamis terhadap beban pengereman. Variabel seperti kecepatan kereta api, tekanan rem, karakteristik bahan gesekan balok dan bentuk heptagonal dimasukkan dalam simulasi untuk menganalisa pengaruh terhadap getaran. Hasil simulasi memberikan gambaran tentang modus getaran utama , frekuensi alami , dan perpindahan relatif dari berbagai bagian balok gesek . Hasil utama dari penelitian ini mencakup pemahaman yang lebih mendalam tentang karakteristik getaran dari balok gesek heptagonal serta faktor - faktor yang mempengaruhinya . Penemuan ini berpotensi memandu perancangan sistem rem yang mampu meredam getaran berlebih, meningkatkan kenyamanan penumpang, dan mengurangi risiko kegagalan rem. Mengutip Fazilet Cinarlp, pakar teknik mesin: \"Analisis getaran pintu menuju respon dunia terhadap struktur dinamik. Memahami getaran merupakan langkah penting dalam merancang sistem yang aman, andal, dan efisien.\" }, issn = {2303-1972}, pages = {211--214} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/41868} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik getaran Friction block kereta api berkecepatan tinggi heptagonal dengan metode elemen hingga(FEM). Getaran pada Friction block merupakan faktor penting yang mempengaruhi keamanan , kenyamanan dan lamanya umur sistem pengereman kereta api . Memahami pola getaran dan respon dinamis dari blok gesekan sangat penting untuk merancang sistem pengereman yang efektif yang mencegah potensi kerusakan struktural dan meningkatkan pengalaman penumpang. Metode FEM digunakan untuk membangun model numerik dari blok gesekan berbentuk heptagonal dan untuk mensimulasikan respon dinamis terhadap beban pengereman. Variabel seperti kecepatan kereta api, tekanan rem, karakteristik bahan gesekan balok dan bentuk heptagonal dimasukkan dalam simulasi untuk menganalisa pengaruh terhadap getaran. Hasil simulasi memberikan gambaran tentang modus getaran utama , frekuensi alami , dan perpindahan relatif dari berbagai bagian balok gesek . Hasil utama dari penelitian ini mencakup pemahaman yang lebih mendalam tentang karakteristik getaran dari balok gesek heptagonal serta faktor - faktor yang mempengaruhinya . Penemuan ini berpotensi memandu perancangan sistem rem yang mampu meredam getaran berlebih, meningkatkan kenyamanan penumpang, dan mengurangi risiko kegagalan rem. Mengutip Fazilet Cinarlp, pakar teknik mesin: "Analisis getaran pintu menuju respon dunia terhadap struktur dinamik. Memahami getaran merupakan langkah penting dalam merancang sistem yang aman, andal, dan efisien."
Last update: