skip to main content

Prototyping Smart Maintenance System berbasis Augmented Reality Untuk Steam Turbine Di PLTP

*Rizqi Diaz Surya  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Paryanto Paryanto  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Rusnaldy Rusnaldy  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Augmented Reality adalah teknologi yang memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan dan menghadirkan objek virtual ke dalam realitas fisik secara langsung. Penggunaan augmented reality dalam konteks perawatan dinilai dapat meningkatkan pemahaman para pekerja dalam memvisualisasikan proses perawatan dengan lebih mudah. Sehingga penulis tertarik untuk Prototyping Smart Maintenance System berbasis Augmented Reality untuk Steam Turbine di Pembangkit Listrik. Hal ini didasari oleh besarnya waktu, tenaga, biaya serta resiko yang dikeluarkan pada saat maintenance. Pada penelitian ini peneliti mengembangkan sebuah smart maintenance system berbasis augmented reality yang mudah untuk digunakan berbagai orang. Pada aplikasi ini peneliti merancang aplikasi dengan 2 fitur yaitu fitur simulasi rangkaian Steam Turbine dan fitur manual Standar Operasional Prosedur (SOP). Pengujian fitur aplikasi meliputi pengujian simulasi Steam Turbine berbasis augmented reality pada fitur simulasi rangkaian Steam Turbine dan pengujian smart maintenance yang berisikan tata cara maintenance pada Steam Turbine pada fitur manual SOP. Pada pengujian fitur aplikasi yang sudah dibuat, didapatkan bahwa aplikasi dapat beroperasi dengan baik menggunakan protokol TCP/IP, sehingga visual simulasi rangkaian Steam Turbine dapat ditampilkan dengan baik. Pada pengujian fitur manual SOP didapatkan bahwa link yang berisikan tata cara maintenance Steam Turbine dapat digunakan dengan baik.

Fulltext View|Download
Keywords: augmented reality; maintenance; steam turbine
  1. Kusnandar, A. (2018). Revolusi Industri 1.0 Hingga 4.0. Fakultas Komputer Universitas Mitra Indonesia
  2. Indriani, R., & Sugiato, B. (2016). Pembuatan Augmented Reality tentang pengenalan hewan untuk usai dini berbasis Android menggunakan metode image tracking vuforia. yogyakarta : STIMIK AMIKOM
  3. Candra, A., Rachmawati, D., & Budiman, M. (2014). Perancangan Mobile Augmented Reality Sytem untuk Wisata Sejarah. SENARAI
  4. Nee, A.Y., Ong, S.K., Chryssolouris, G. and Mourtzis, D., 2012. Augmented reality applications in design and manufacturing. CIRP annals, 61(2), pp.657-679
  5. Castellanos, M.J. and Navarro-Newball, A.A., 2019, February. Prototyping an augmented reality maintenance and repairing system for a deep well vertical turbine pump. In 2019 International Conference on Electronics, Communications and Computers (CONIELECOMP) (pp. 36-40). IEEE
  6. Lolowang, R.T., Lumenta, A.S. and Putro, M., 2017. Penerapan Augmented Reality 3 Dimensi Berbasis Android Untuk Menentukan Letak Perabot Dalam Rumah. Jurnal Teknik Informatika, 11(1)
  7. Pakpahan, E. K. A., Kristina, S., Setiawan, A. (2018). Model Simulasi untuk Sistem Manufaktur Fleksibel, Jurnal Telematika 13(2)
  8. Borman, R. I. (2017). Implementasi Augmented Reality pada Aplikasi Android Pegenalan Gedung Pemerintahan Kota Bandar Lampung. Jurnal Teknoinfo, 11(1), 1. https://doi.org/10.33365/jti.v11i1.2
  9. Yulianto, N. (2012). Pembuatan Game 3 Dimensi Lost IN the Jungle dengan Menggunakan Unity 3D Game Engine. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan K omputer AMIKOM
  10. Koteleva, N., Valnev, V. and Frenkel, I., 2021. Investigation of the Effectiveness of an Augmented Reality and a Dynamic Simulation System Collaboration in Oil Pump Maintenance. Applied Sciences, 12(1), p.350
  11. Roedavan, R. (2014). Unity Tutorial Game Engine. INFORMATIKA : Bandung
  12. Castellanos, M.J. and Navarro-Newball, A.A., 2019, February. Prototyping an augmented reality maintenance and repairing system for a deep well vertical turbine pump. In 2019 International Conference on Electronics, Communications and Computers (CONIELECOMP) (pp. 36-40). IEEE
  13. Shneiderman, Plaisant, Cohen, J. (2018). Designing the User Interface _ Strategies for Effective Human -Computer Interaction - Six Edition. In Pearson Education
  14. Tanuma, T. ed., 2022. Advances in steam turbines for modern power plants. Woodhead Publishing
  15. Matsson, J., 2023. An Introduction to SOLIDWORKS Flow Simulation 2023. SDC publications
  16. Kim, S.L., Suk, H.J., Kang, J.H., Jung, J.M., Laine, T.H. and Westlin, J., 2014, March. Using Unity 3D to facilitate mobile augmented reality game development. In 2014 IEEE World Forum on Internet of Things (WF-IoT) (pp. 21-26). IEEE
  17. Suharto, A. F. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Lontara bugis Berbasis Augmented Reality Menggunakan Unity 3D
  18. Frantz, T., Jansen, B., Duerinck, J. and Vandemeulebroucke, J., 2018. Augmenting Microsoft's HoloLens with vuforia tracking for neuronavigation. Healthcare technology letters, 5(5), pp.221-225
  19. Gandhewar, N. and Sheikh, R., 2010. Google Android: An emerging software platform for mobile devices. International Journal on Computer Science and Engineering, 1(1), pp.12-17

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.