BibTex Citation Data :
@article{JTM40591, author = {Ferdian Delasta and Rifky Ismail and Muchammad Muchammad}, title = {PENGUJIAN KONVERSI SEPEDA MOTOR BERBAHAN BAKAR BENSIN DENGAN TRANSMISI CVT MENJADI BERTENAGA LISTRIK}, journal = {JURNAL TEKNIK MESIN}, volume = {11}, number = {3}, year = {2023}, keywords = {baterai lithium; bldc; konversi; sepeda motor listrik}, abstract = {Penggunaan bahan bakar fosil memiliki dampak yang signifikan terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. Salah satu penyumbang penggunaan sumber bahan bakar fosil terbanyak di Indonesia adalah sepeda motor. Dalam hal ini, sepeda motor listrik menjadi alternatif yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan penggunaan sepeda motor bakar. Sepeda motor listrik tidak menghasilkan emisi karbon dioksida dan tidak mengeluarkan polutan udara lainnya sehingga dapat membantu mengurangi polusi udara dan meningkatkan kualitas udara di sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji sepeda motor berbahan bakar bensin dengan transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) menjadi sepeda motor listrik. Konversi dilakukan pada motor Honda Vario 110 cc tahun 2019 menggunakan motor BLDC 2000 Watt dengan jenis Hub dan ditenagai oleh baterai 48 Volt 10 Ah. Pengujian sepeda motor listrik hasil konversi ini dilakukan dengan uji jalan pada 2 variasi beban yaitu 1 orang (60 kg) dan 2 orang (120 kg). Hasil pengujian ini mendapatkan bahwa jarak tempuh maksimal kendaraan yaitu 16 km dengan menopang beban 1 orang, sedangkan pada beban 2 orang didapatkan jarak tempuh maksimal 12 km. Pengujian konversi sepeda motor bakar menjadi sepeda motor listrik ini dapat diimplementasikan untuk meningkatkan pengurangan penggunaan bahan bakar fosil dan memiliki biaya yang lebih murah untuk penggunaan sehari-hari.}, issn = {2303-1972}, pages = {219--222} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/40591} }
Refworks Citation Data :
Last update: