skip to main content

ANALISIS RANGKA SEPEDA MOTOR LISTRIK DENGAN MATERIAL KOMPOSIT KARBON MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

*Patut Oliver Marbun  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Djoeli Satrijo  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ojo Kurdi  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penggunaan kendaraan listrik mengalami peningkatan setiap tahunnya. Inovasi akan sepeda motor listrik juga merupakan salah satu solusi alternatif dalam mengatasi masalah lingkungan. Pada penelitian ini digunakan metode elemen hingga dalam melakukan analisis statik dan dinamik. Analisis yang dilakukan menggunakan material karbon komposit yang disimulasi pada setiap model rangka. Pada analisis statik dengan beban pengendara sebesar 70 Kg dilakukan 3 jenis kasus pembebanan yang berbeda, dari hasil analisis statik didapatkan nilai Max Normal X Stress pada kasus pembebanan dua orang sebesar 141.9 MPa dan Max Normal Y Stress sebesar 133.3 MPa. Pada analisis dinamik diketahui bahwa nilai frekuensi pribadi terbesar dari rangka sebesar 9.4 Hz. Analisis kekuatan dan nilai faktor keamanan pada rangka dilakukan menggunakan hasil analisis statik dan analisis dinamik.
Fulltext View|Download
Keywords: analisis dinamik; analisis statik; karbon komposit; rangka sepeda motor listrik
  1. Suwandi, A., Wibisana, M. G., & ... (2018). Manufaktur Prototipe Konstruksi Rangka Sepeda Motor Listrik Kapasitas 1 kW dengan Penggerak Roda Belakang. Semrestek …, 686–691
  2. Ps, M., & R, V. T. (2014). Static Analysis, Design Modification and Modal Analysis of Structural Chassis Frame. Journal of Engineering Research and Applications Www.Ijera.Com, 4(5), 6–10
  3. Pramono, G. E., Hidayat, A., & Waluyo, R. (2020). Perancangan dan Simulasi Desain Rangka Sepeda Motor Listrik Tipe Trellis Menggunakan Finite Element Analysis. JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa), 5(2), 319. https://doi.org/10.31544/jtera.v5.i2.2020.319-326
  4. Hastuti, S., Ramadhani, W., & Mulyaningsih, N. (2022). Jurnal Foundry : Politeknik Manufaktur Ceper ANALISIS KEKUATAN PADA RANGKA SEPEDA MOTOR LISTRIK. 5(2), 1–11
  5. Darojat, D., & Mulyana, T. (2016). Sistem rangka pada sepeda motor. http://repositori.kemdikbud.go.id/11834/1/4-Mekanik-FIX.pdf
  6. Yakub, Y., & Saragih, N. A. (2017). Analisis noise di center register air conditioner pada mobil x. 18(2), 42–50
  7. Yesilce, Y. (2010). Effect of axial force on the free vibration of reddy-bickford multi-span beam carrying multiple spring-mass systems. JVC/Journal of Vibration and Control, 16(1), 11–32. https://doi.org/10.1177/1077546309102673
  8. Erhunmwun, I. D., & Ikponmwosa, U. B. (2017). Review on finite element method. Journal of Applied Sciences and Environmental Management, 21(5), 999. https://doi.org/10.4314/jasem.v21i5.30
  9. Dnyaneshwar, A. A., & Kelkar, S. (2021). Design and Optimization of Integrated Super Bracket According to Stress and Vibration Analysis. 400–415
  10. Deutschman Aaron D, (1975). Machine Design theory and practice, Macmillan Publishing Co.Inc

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.