skip to main content

ANALISIS KEGAGALAN KATUP BUANG PADA SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH KAPASITAS 155 CC

*Riski Maulana  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Sri Nugroho  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Rifky Ismail  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Katup adalah sebuah perangkat yang terpasang pada sistem penyaluran bahan bakar, yang berfungsi untuk mengatur, mengontrol dan mengarahkan laju aliran fluida dengan cara membuka atau menutup, dimana komponen ini mengalami kegagalan berupa timbulnya endapan kerak karbon dan terjadi bent valve. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kegagalan pada katup buang sepeda motor 4 langkah kapasitas 155 cc, yang mengalami deformasi plastis pada bagian leher katup. Metode analisis yang digunkan dengan melakukan pengamatan visual untuk mendapatkan hipotesis, pengujian spektrometri, pengujian metalografim dan pengujian kekerasan. Dari hasil pengamatan visual, didapatkan hipotesi katup mengalami kegalalan berupa adanya endapan kerak karbon pada kepala katup yang diakibatkan dari pembakaran yang tidak sempurna. Kemudian katup mengalami bengkok karena menerima beban yang berlebih sehingga terjadi deformasi plastis. Hasil uji spektrometi menunjukkan bahwa material katup buang dibuat dengan baja paduan tinggi jenis stainless steel 21-4N dengan kandungan Cr 20,8%, Mn 8,49%, dan Ni 3,36%. Sesuai dengan struktur mikronya, material ini memiliki fasa austenite yang didapatkan dari hasil pengujian metalografi. Dari hasil pengujian kekerasan dengan metode Vickers pada katup gagal menunjukkan nilai kekerasan 431 HV. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan katup gagal mengalami kegagalan akibat menerima beban berlebih. Hasil ini juga diperkuat dengan hasil hipotesis dari Riwayat pemakaian sepeda motor yang telah dimodifikasi dengan menaikkan kompresinya.

Fulltext View|Download
Keywords: 21-4N; analisis kegagalan; bent valve; katup buang; kerak karbon
  1. Wulpi, D. J. (1999) “Understanding How Components Fail”. ASM International Materials Park, Ohio, USA
  2. Kumar, A. (2010) “Manufacturing Process of Engine Valve” Hi-Tech Institute of Engineering & Technology, Ghaziabad
  3. Moran, M. J., dkk. (2011) “Fundamental of Engineering Thermodynamics.” United States of America. John Wiley & Sons, Inc. ISBN 13 978-0470-49590-2
  4. Prabu, D. (2013) “Valve & Valve Mechanism” Chapter 8. P E S C E, Mandya
  5. Narayana, K. V., Rao, K., & Shekar, D. (2015) “Failure Analysis of IC Engine Valve by Using FEA”. Research Scholar, Department Of Thermal Engineering, Kits, Peddapuram(M) Tirupathi Village, India. Divili 533-433, Eg Dt,AP
  6. Lavhale ,Y. & Salunke, J. (2014) “Overview of Failure Trend Inlet & Exhaust Valve.” Mechanical Engineering, Deogiri Institute of Engineering and Management Studies/ Aurangabad(MS), India. ISSN 0976 – 6340
  7. Setyono & Koiruman, A. (2020) “Analisis Pengaruh Kerak Karbon yang Mengendap di Ruang Bakar Terhadap Unjuk Kerja Mesin Bensin.” Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pancasila. Jakarta 12640
  8. Sekip, M. (2009) “Assembling Engine Valve & Causes of Valve Failures.” Supar. Konya. 3rd edition
  9. ASM Metal Handbook. (1993) “Properties and Selection: Irons Steels and High Performance Alloys.” ASM International Handbook Committee :Volume 1. 1985. Ohio
  10. Yu, Z. W. (2005) “Failure Analysis and Metallurgical Investigation of Diesel Enginw Exhaus Valve.” Institute of Metal and Technology, Dalian Maritime University, Dalian 116026, PR China

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.