BibTex Citation Data :
@article{JTM12836, author = {Galih Setyoaji and Ismoyo Haryanto and Achmad Widodo}, title = {ANALISA STATIS STRUKTUR WING BOX PESAWAT UDARA DENGAN EQUIVALENT PLATE MODEL}, journal = {JURNAL TEKNIK MESIN}, volume = {4}, number = {1}, year = {2016}, keywords = {sayap pesawat; Equivalent Plate Model; metode elemen hingga; defleksi; tegangan}, abstract = {Sayap adalah salah satu bagian pesawat. Fungsi sayap adalah alat yang digunakan sebagai pembangkit Gaya aerodinamika untuk mengontrol gerakan benda sewaktu berada pada medium fluida. Maka dari itu struktur sayap pesawat haruslah memiliki kekuatan dan kemampuan yang baik untuk mengangkat pesawat, kriteria ini harus dipertimbangkan sejak dari tahap desain bentuk sayap pesawat. Desain sayap pesawat harus dibuat dengan sebaik mungkin untuk bisa menahan tegangan dan defleksi yang terjadi ketika terbang. Salah satu metode analisis desain sayap pesawat adalah menggunakan Finite Element Method (FEM). Namun nilai yang ditampilkan dari FEM hanya menghasilkan nilai yag terbatas pada nodal-nodal atau titik-titik yang tersebar pada permukaan benda. Metode lain untuk melengkapi FEM adalah Equivalent Plate Model, yaitu sebuah permodelan multi-plate berdasarkan metode Ritz dan teknik ini dikembangkan untuk memodelkan konfigurasi sayap kompleks yang dibentuk oleh segmen sayap pesawat yang berbeda. Dalam kasus ini, konfigurasi sayap terbang dimodelkan menggunakan dua pelat dan dari hasil yang diperoleh antara EPM dan FEM menghasilkan nilai error rata-rata 2.98% untuk defleksi yang terjadi dan 6.06% untuk tegangan. Berdasarkan hasil pengujian tadi dapat dikatakan bahwa EPM bisa menjadi metode alternatiif selain FEM}, issn = {2303-1972}, pages = {63--70} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/12836} }
Refworks Citation Data :
Last update: