skip to main content

Perancangan Mekanisme dan Interaksi pada Simulasi Prosedur Bandar Udara (Bandara) Menggunakan Teknologi Virtual Reality

*Hafiz Aga Altamis  -  Departemen Teknik Komputer, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Dania Eridani orcid scopus  -  Departemen Teknik Komputer, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Risma Septiana scopus  -  Departemen Teknik Komputer, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Akses Terbuka Copyright (c) 2023 Jurnal Teknik Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Sari
Diantara sekian banyak moda transportasi umum yang banyak digunakan oleh masyarakat, "Pesawat" merupakan salah satu moda transportasi yang memiliki SOP (Standard Operating Procedure) yang cukup rumit dan membingungkan jika dibandingkan dengan moda transportasi umum lainnya. Salah satu cara untuk mengetahui dan memahami suatu informasi atau prosedur dalam menggunakan jasa “Pesawat terbang” adalah dengan bantuan media teknologi. Informasi dapat disampaikan dengan menarik dan efektif tanpa perlu melakukan prosedur tersebut secara langsung pada tempat yang diharuskan. Pengujian dan pengembangan aplikasi menggunakan metode ADDIE. Metode ini dimulai dengan menganalisis pada kejadian dan prosedur secara langsung di bandara, kemudian melakukan desain dan pengembangan menggunaan teknologi virtual reality. setelah aplikasi selesai dibuat kemudian dilakukan tahap implementasi dan uji coba dengan menggunakan metode black box testing dan usability testing. Untuk menyampaikan prosedur keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat dalam bentuk pemanfaatan media teknologi adalah dengan dibuatnya aplikasi simulasi virtual reality. Aplikasi ini digunakan untuk menyampaikan informasi secara immersive dan interactive dengan memanfaatkan fitur-fitur yang dimiliki oleh teknologi virtual reality untuk memahami prosedur yang ada di bandara.
Fulltext View|Download
Kata Kunci: Virtual Reality, Teknologi, Media Informasi, Bandar Udara, Simulasi

Article Metrics:

  1. Irwan, “Antara News Sumut,” Antara News, 25 Juli 2013. [Online]. Available: https://sumut.antaranews.com/berita/116169/sejumlah-penumpang-di-bandara-kuala-namu-kebingungan. [Diakses 10 Januari 2023]
  2. M. Naufal, “Kompas,” PT. Kompas Cyber Media, 28 April 2022. [Online]. Available: https://megapolitan.kompas.com/read/2022/04/28/16460581/cerita-pemudik-gagal-berangkat-karena-telat-check-in-tiket-pesawat?page=all. [Diakses 10 Januari 2023]
  3. A. Hairul, “Banten Suara,” Arkadia Digital Media, 26 Mei 2021. [Online]. Available: https://banten.suara.com/read/2021/05/28/075342/telat-check-in-penumpang-ini-ngotot-dan-videokan-petugas-garuda-berujung-memalukan. [Diakses 10 Januari 2023]
  4. B. Sihite, F. Samopa dan N. A. Sani, “Pembuatan Aplikasi 3D Viewer Mobile dengan Menggunakan Teknologi Virtual Reality,” Jurnal Teknik Pomits, vol. II, no. 2, pp. A-397, 2013
  5. I. Palaguna, Perancangan Aplikasi Game 3D Virtual Reality Sosialisasi Evakuasi Dari Kebakaran Berbasis Android, Bandar Lampung: Teknik Informatika Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya, 2019
  6. S. I. Arisanto, Pengembangan Game “Pancasila” Berbasis Mobil untuk Anak, Salatiga: Program Studi Diploma Teknik Informatika FTI UKSW, 2017
  7. M. S. Nurbadi, Aplikasi Berbasis Virtual Reality Untuk Mendukung Proses Pembelajaran Organ Pencernaan Manusia, Yogyakarta: Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia, 2018
  8. A. Ariwibowo, “Analisis Mengenai Kepuasan Penumpang Terhadap Tingkat Pelayanan Fasilitas di Bandar Udara Rendani Manokwari,” dalam Analisis Mengenai Kepuasan Penumpang, Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2015, pp. 9-17
  9. A. C. Sari, “Binus University School Of Computer Science,” Binus University, 29 November 2018. [Online]. Available: https://socs.binus.ac.id/2018/11/29/virtual-reality/. [Diakses 10 Januari 2023]
  10. “Techopedia,” Janalta Interactive Inc, 4 Januari 2017. [Online]. Available: https://www.techopedia.com/definition/2342/head-mounted-display-hmd. [Diakses 10 Januari 2023]
  11. “XR Today,” Today Digital, 10 Maret 2022. [Online]. Available: https://www.xrtoday.com/vr/how-do-virtual-reality-headsets-work/. [Diakses 10 Januari 2023]
  12. “VRS,” Virtual Reality Society, 2017. [Online]. Available: https://www.vrs.org.uk/virtual-reality-gear/head-mounted-displays/. [Diakses 10 Januari 2023]
  13. Q. Larson, “FreeCodeCamp,” 13 Februari 2020. [Online]. Available: https://www.freecodecamp.org/news/unity-game-engine-guide-how-to-get-started-with-the-most-popular-game-engine-out-there/. [Diakses 10 Januari 2023]
  14. A. Sinicki, “Android Authority,” Authority Media, 20 Maret 2021. [Online]. Available: https://www.androidauthority.com/what-is-unity-1131558/. [Diakses 10 Januari 2023]
  15. R. Sheldon, “Tech Target,” Desember 2022. [Online]. Available: https://www.techtarget.com/whatis/definition/C-Sharp. [Diakses 10 Januari 2023]
  16. Q. Larson, “FreeCodeCamp,” 28 Desember 2019. [Online]. Available: https://www.freecodecamp.org/news/what-is-game-development/. [Diakses 10 Januari 2023]

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.