skip to main content

Perancangan Ulang Sistem Informasi Monitoring Penyaluran Stok Barang PT Subur Makmur Migas Pratama Berbasis Web Menggunakan Kerangka Kerja Laravel

*Hajime Yudha Iqbal Pranata  -  Departemen Teknik Komputer, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Rinta Kridalukmana orcid scopus  -  Departemen Teknik Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia, Indonesia
Ike Pertiwi Windasari scopus  -  Departemen Teknik Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia, Indonesia
Akses Terbuka Copyright (c) 2023 Jurnal Teknik Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Sari

Di era modern saat ini, hampir setiap aspek kehidupan manusia terkait dengan penggunaan teknologi informasi. Pemanfaatan teknologi informasi merupakan komponen wajib yang harus dimiliki untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Dengan bantuan teknologi dapat membuka banyak peluang baru untuk mengembangkan bisnis. Salah satunya adalah penggunaan sistem informasi berbasis web. Website adalah bentuk teknologi informasi yang digunakan untuk menampilkan informasi melalui banyak platform.

Perkembangan teknologi yang pesat ini mendorong PT Subur Makmur Migas Pratama untuk mengembangkan bisnisnya dengan membuat suatu sistem informasi yang mampu memudahkan dalam monitoring proses administrasi dan pengolahan data. Sebelumnya telah terdapat sistem informasi yang telah digunakan di PT Subur Makmur Migas Pratama, tetapi terdapat fitur yang dapat dikembangkan dan diminimalisir agar lebih efisien, sehingga dirancang sistem informasi yang baru, di mana dari segi tampilan lebih user friendly dan dari segi fitur lebih spesifik. Website yang akan dibuat berisi informasi mengenai perusahaan, gambaran umum mengenai persediaan barang, distribusi dan penerimaan, status pemesanan barang serta laporan keuangan.

Sistem informasi yang dibuat memuat tiga pengguna yaitu admin, karyawan, dan pangkalan (customer). Selain itu, sistem informasi ini terdapat dalam versi web. Dalam versi web, pengguna dapat melakukan proses monitoring berupa read, create, update, dan delete. Alasan penulis memilih versi web adalah mudah diakses, dapat diakses diberbagai jenis perangkat seperti perangkat mobile; perangkat desktop; dan perangkat tablet, selain itu untuk mengakses web tidak memerlukan spesifikasi perangkat yang tinggi (karena hanya memerlukan software web browser untuk dapat mengaksesnya).

Catatan: Artikel ini mempunyai file lampiran.

Fulltext View|Download |  Hasil Riset
JURNAL TEKNIK KOMPUTER PERNYATAAN PENGALIHAN HAK CIPTA
Subjek Website, PT Subur Makmur Migas Pratama
Tipe Hasil Riset
  Unduh (33KB)    metadata pengindeksan

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.