skip to main content

Perancangan Ulang User Interface dan User Experience Mobile Web-Based PT Subur Makmur Migas Pratama dengan Metode Design Thinking

*Hana Adilah  -  Departemen Teknik Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia, Indonesia
Rinta Kridalukmana orcid scopus  -  Departemen Teknik Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia, Indonesia
Ike Pertiwi Windasari scopus  -  Departemen Teknik Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia, Indonesia
Akses Terbuka Copyright (c) 2023 Jurnal Teknik Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Sari

Pada era modern sekarang ini, hampir seluruh aktivitas kehidupan manusia sudah tidak bisa terlepas dari penggunaan teknologi informasi bagi kegiatan dan layanan lainnya. Penggunaan teknologi informasi tidak lagi hanya sebagai alat bantu saja tetapi merupakan komponen wajib yang harus dimiliki. Salah satu bentuk layanan teknologi informasi tersebut dihadirkan dalam bentuk mobile yang dapat diakses secara luas oleh semua kalangan. Dengan adanya trobosan baru di dunia mobile hampir di setiap sektor atau bidang, mendukung profesionalisme dalam meningkatkan kredibilitas digital. UI/UX menjadi salah satu cara untuk mempermudah mencerna informasi. Tujuan adanya perancangan UI/UX bisa membuat pengalaman yang baik dan menyenangkan bagi pengguna terhadap suatu aplikasi sehingga pengguna merasa nyaman ketika menggunakan aplikasi tersebut, dengan adanya pengalaman yang baik juga mempermudah mendapatkan informasi dan mencapai tujuan dalam penggunaan aplikasi tersebut.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Design Thinking karena metode ini melihat dari segala aspek yang terlibat di saat pembuatan desain dan proses dari awal riset hingga testing sangat fleksibel dan tidak linear . Metode Activity Centered Design sempat menjadi pertimbangan dalam penelitian ini, tetapi metode Activity Centered Design berfokus pada aktivitas di dalam aplikasi . Pada penerapannya seharusnya metode Design Thinking sangat bisa memenuhi kebutuhan berbagai pihak yang terlibat. Tool atau alat yang saya gunakan untuk membuat perancangan User Interface adalah Figma karena aplikasi yang ringan dan memungkinkan untuk melakukan pengerjaan secara cepat, fitur kolaborasi juga sangat membantu ketika dibutuhkan suatu sarana untuk bertukar pikiran.

Catatan: Artikel ini mempunyai file lampiran.

Fulltext View|Download |  common.other
JURNAL TEKNIK KOMPUTER PERNYATAAN PENGALIHAN HAK CIPTA
Subjek Re-Design; Mobile Web-Based Desain; UI/UX; Design Thinking; PT Subur Makmur Migas Pratama
Tipe Yang lain
  Unduh (24KB)    metadata pengindeksan
Kata Kunci: Re-Design; Mobile Web-Based Desain; UI/UX; Design Thinking; PT Subur Makmur Migas Pratama

Article Metrics:

  1. A. Blair-Early and M. Zender, “User Interface Design Principles for Interaction Design,” Des. Issues, vol. 24, pp. 85–88, 2018
  2. Adani, Muhammad Robith. “User Experience (UX): Pengertian, Tujuan, Metode, dan Penerapannya” 2020. [Online]. Available: https://www.sekawanmedia.co.id/blog/pengertian-user-experience/
  3. A. A. Akhsan and Faizah, “Analisis Dan Perancangan Interaksi Chatbot Reminder Dengan User-Centered Design,” J. Sist. Inf., vol. 2, no. 13, pp. 78–89, 2017
  4. I. R. A. A. Razi, Mutiaz, and P. Setiawan, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan UI/UX Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan dan Temuan Barang Tercecer,” demandia, vol. 3, no. 2, 2018
  5. D. A. Norman, “Logic Versus Usage : The Case For Activity-Centered Design,” Interaction, vol. 13, no. 6, p. 45, 2006
  6. Y. J. H. Duan, Z. Wang, F. L. L. Ma, N. D. M. Chi, and J. An, “Using Goal-Directed Design to Create A Mobile Health App to Improve Patient Compliance With Hypertension Self-Management : Development and Deployment,” 2019
  7. H. P. D, “An Introduction to Design Thinking Process Guide,” California, 2010
  8. H. Anindita, “Jojonomic.” https://www.jojonomic.com/blog/design-thinking-adalah/
  9. D. Rusmana, “Medium,” UX Orbit Design.
  10. R. Utary, “Can Creative.”
  11. R. I. Syabana, P. Y. Saputra, and A. N. R, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan User Interface Aplikasi Kotakku,” 2020
  12. Nugroho, Andy. “Apa Itu Wireframe? Yuk Kenali Konsep Wireframe Pada Website” 2020. [Online]. Available: https://qwords.com/blog/wireframe-adalah/
  13. I. N. Syahirsah, “Evaluasi dan Perbaikan Desain Antar Muka Pengguna Situs Talangin,” J. Pengemb. Teknol. Inf., vol. 2, no. 12, 2018
  14. B. Satzinger, Jackson, System Analysis and Design with the Unified Process. USA: Course Technology, 2010
  15. R. A. F. Muhammad, “Analisis User Experience Untuk Tingkat Keterpilihan Smartphone Android,” Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 4, no. 1, pp. 82–91, 2016
  16. Unlimited.id. “Apa Itu Usability Testing dan Bagaimana Metodenya?” 2020. [Online]. Available: https://unlimited.id/blog/apa-itu-usability-testing-dan-bagaimana-metodenya/
  17. Sampoerna.university. “Pengertian Skala Likert, Cara Penggunaan dan Contoh” 2022. [Online]. Available: https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/pengertian-skala-likert-cara-penggunaan-dan-contoh/
  18. S. Hadi, Analisis Butir untuk Instrumen Angket, Tes, dan Skala Nilai. Yogyakarta: FP UGM, 1991. Kotakku,” 2020

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.