BibTex Citation Data :
@article{JTK38089, author = {Hana Adilah dan Rinta Kridalukmana dan Ike Pertiwi Windasari}, title = {Perancangan Ulang User Interface dan User Experience Mobile Web-Based PT Subur Makmur Migas Pratama dengan Metode Design Thinking}, journal = {Jurnal Teknik Komputer}, volume = {2}, number = {1}, year = {2023}, keywords = {Re-Design; Mobile Web-Based Desain; UI/UX; Design Thinking; PT Subur Makmur Migas Pratama}, abstract = { Pada era modern sekarang ini, hampir seluruh aktivitas kehidupan manusia sudah tidak bisa terlepas dari penggunaan teknologi informasi bagi kegiatan dan layanan lainnya. Penggunaan teknologi informasi tidak lagi hanya sebagai alat bantu saja tetapi merupakan komponen wajib yang harus dimiliki. Salah satu bentuk layanan teknologi informasi tersebut dihadirkan dalam bentuk mobile yang dapat diakses secara luas oleh semua kalangan. Dengan adanya trobosan baru di dunia mobile hampir di setiap sektor atau bidang, mendukung profesionalisme dalam meningkatkan kredibilitas digital. UI/UX menjadi salah satu cara untuk mempermudah mencerna informasi. Tujuan adanya perancangan UI/UX bisa membuat pengalaman yang baik dan menyenangkan bagi pengguna terhadap suatu aplikasi sehingga pengguna merasa nyaman ketika menggunakan aplikasi tersebut, dengan adanya pengalaman yang baik juga mempermudah mendapatkan informasi dan mencapai tujuan dalam penggunaan aplikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Design Thinking karena metode ini melihat dari segala aspek yang terlibat di saat pembuatan desain dan proses dari awal riset hingga testing sangat fleksibel dan tidak linear . Metode Activity Centered Design sempat menjadi pertimbangan dalam penelitian ini, tetapi metode Activity Centered Design berfokus pada aktivitas di dalam aplikasi . Pada penerapannya seharusnya metode Design Thinking sangat bisa memenuhi kebutuhan berbagai pihak yang terlibat. Tool atau alat yang saya gunakan untuk membuat perancangan User Interface adalah Figma karena aplikasi yang ringan dan memungkinkan untuk melakukan pengerjaan secara cepat, fitur kolaborasi juga sangat membantu ketika dibutuhkan suatu sarana untuk bertukar pikiran. }, issn = {2986-8025}, pages = {39--52} doi = {10.14710/jtk.v2i1.38089}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtk/article/view/38089} }
Refworks Citation Data :
Pada era modern sekarang ini, hampir seluruh aktivitas kehidupan manusia sudah tidak bisa terlepas dari penggunaan teknologi informasi bagi kegiatan dan layanan lainnya. Penggunaan teknologi informasi tidak lagi hanya sebagai alat bantu saja tetapi merupakan komponen wajib yang harus dimiliki. Salah satu bentuk layanan teknologi informasi tersebut dihadirkan dalam bentuk mobile yang dapat diakses secara luas oleh semua kalangan. Dengan adanya trobosan baru di dunia mobile hampir di setiap sektor atau bidang, mendukung profesionalisme dalam meningkatkan kredibilitas digital. UI/UX menjadi salah satu cara untuk mempermudah mencerna informasi. Tujuan adanya perancangan UI/UX bisa membuat pengalaman yang baik dan menyenangkan bagi pengguna terhadap suatu aplikasi sehingga pengguna merasa nyaman ketika menggunakan aplikasi tersebut, dengan adanya pengalaman yang baik juga mempermudah mendapatkan informasi dan mencapai tujuan dalam penggunaan aplikasi tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Design Thinking karena metode ini melihat dari segala aspek yang terlibat di saat pembuatan desain dan proses dari awal riset hingga testing sangat fleksibel dan tidak linear . Metode Activity Centered Design sempat menjadi pertimbangan dalam penelitian ini, tetapi metode Activity Centered Design berfokus pada aktivitas di dalam aplikasi . Pada penerapannya seharusnya metode Design Thinking sangat bisa memenuhi kebutuhan berbagai pihak yang terlibat. Tool atau alat yang saya gunakan untuk membuat perancangan User Interface adalah Figma karena aplikasi yang ringan dan memungkinkan untuk melakukan pengerjaan secara cepat, fitur kolaborasi juga sangat membantu ketika dibutuhkan suatu sarana untuk bertukar pikiran.
Catatan: Artikel ini mempunyai file lampiran.
Article Metrics:
Last update: